Wabup Bangka Selatan Minta Masyarakat Tidak Remehkan Penyakit Measles Rubella (MR)

Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan menggelar Advokasi dan Sosialisasi Imunisasi Measles Rubella (MR).

Wabup Bangka Selatan Minta Masyarakat Tidak Remehkan Penyakit Measles Rubella (MR)
Bangka Pos/Anthoni
Advokasi dan Sosialisasi Imunisasi MR Tingkat Kabupaten Bangka Selatan Tahun 2018, Rabu (26/9). 

BANGKAPOS.COM - Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan menggelar Advokasi dan Sosialisasi Imunisasi Measles Rubella (MR) Tingkat Kabupaten Bangka Selatan Tahun 2018 di Gedung Sekretariat Daerah (Setda) Pemkab Basel, Rabu (26/9) siang.

Acara dihadiri Wakil Bupati Bangka Selatan Riza Herdavid, Ketua Penggerak PKK Ekawati Justiar, Kepala Dinas Kesehatan Bangka Selatan Supriyadi, Ketua LPPOM MUI Babel Nardi.

Dikatakan Riza, Imunisasi MR sangat penting untuk pertumbuhan kesehatan anak dan berguna membentuk kekebalan kesehatan anak dari virus penyakit, baik yang timbul dari dalam tubuh maupun dari virus penularan yang ditimbulkan dari orang lain.

Menurut Riza, penyakit seperti Measles Rubella adalah penyakit yang berbahaya. Dan saat ini Indonesia masih kurang dari 1 persen yang sudah mendapatkan Imunisasi MR. Sedangkan capaian di kabupaten baru 30,35 persen.

“Selayaknya anak-anak kita harus sudah mendapatkan Imunisasi MR. Dan bahkan seharusnya sudah mencapai 100 persen, inilah yang harus bisa kita lakukan. Pesan saya sekali lagi, jangan meremehkan Penyakit Measles Rubella ini,” kata Wabup.

Menurut Riza, Imunisasi MR sangat penting untuk membentuk kekebalan kesehatan anak dari virus penyakit, baik yang timbul dari dalam tubuh maupun dari virus penularan yang timbul dari orang lain.

“Dalam hal menjaga anak, sebagai orangtua kami ingin anak-anak tetap sehat.
Ini adalah tugas setiap orangtua, tugas masyarakat dan juga tugas dari negara. Terutama tugas mereka dari berbagai penyakit yang berbahaya dan mematikan. Satu diantaranya penyakit Measles atau Campak dan Rubella sangat berbahaya jika dibiarkan menjangkiti anak-anak kita,” ucapnya.

Riza mendukung penuh dilaksanakannya kampanye Imunisasi MR agar anak-anak Bangka Selatan bebas dari Penyakit Measles Rubella. Terlebih Imunisasi MR kata Riza bukan barang baru. Imunisasi MR bertujuan melindungi anak-anak untuk tetap sehat dan ceria.

“Saya ingin menyerukan agar semua anak-anak di Basel usia 9 bulan sampai kurang dari 15 tahun mendapat Imunisasi MR,” tegasnya.

Sementara itu Ketua PKK Basel, Ekawati Justiar menyebut Imunisasi MR tidak bisa berjalan dengan baik bila tidak didukung seluruh sektor. Untuk itu, perlu ada campur tangan dan sinergitas pihak-pihak terkait dalam mensukseskan Imunisasi MR ini.

“Saya mengharapkan kepala OPD terus mendukung demi suksesnya program Imunisasi MR ini. Selain itu peran PKK ditiap tingkatan, tokoh masyarakat, pengasuh pondok pasantren sangat diharapkan dalam penyuluhan penggerakan sasaran imunisasi massal agar datang sesuai waktu pelayanan,” harap Ekawati. (adv/ara/may)

Editor: fitriadi
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved