Semak Belukar di Kawasan Bukit Parai Sungailiat Terbakar

Si jago merah kembali membakar Bukit Parai, Selasa (2/10/2018) yang berlokasi tidak jauh dari destinasi wisata Parai Beach Resort and Spa Sungailiat.

Semak Belukar di Kawasan Bukit Parai Sungailiat Terbakar
(ist/damkar satpol pp kabupaten bangka)
Kebakaran di Bukit Parai, Selasa (2/10/2018) yang berlokasi tidak jauh dari destinasi wisata Parai Beach Resort and Spa Sungailiat. 

Laporan Wartawan Bangka Pos Nurhayati

BANGKAPOS.COM, BANGKA--Si jago merah kembali membakar Bukit Parai, Selasa (2/10/2018) yang berlokasi tidak jauh dari destinasi wisata Parai Beach Resort and Spa Sungailiat.

Sebelumnya pada Senin (1/10/2018) malam sekitar jam 19.45 WIB api juga membakar semak belukar di dekat pintu gerbang Pantai Matras yang juga tidak jauh dari Pantai Parai Tenggiri Sungailiat.

Ketika mendapat laporan kebakaran tersebut dari masyarakat sekitar jam 08.30 WIB, Tim Pemadam Kebakaran (Damkar) Satpol PP Kabupaten Bangka langsung meluncur dengan tiga unit mobil kebakaran.

Tim Polsek Sungailiat juga ikut membantu perugas damkar memadamkan api yang berkobar sekaligus melacak orang yang melakukan pembakaran lahan tersebut.

Kondisi api semakin besar karena ditiup angin kencang, sedangkan armada damkar kesulitan masuk ke lokasi kebakaran karena sulitnya jalan menuju ke titik api.

Selain itu juga petugas damkar terkendala selang pemadam yang terbatas untuk menyiram air dari mobil damkar ke api yang memakan rumput kering dan pepohonan.

Diakui Danru Damkar Satpol PP Kabupaten Bangka Kuswelli, pihaknya berusaha memadamkan dengan membawa mobil damkar mendekati posisi api melalui lokasi outbond Parai Beach Resort Sungailiat.

"Kendala kami peralatan yang belum memadai, selang banyak yang bocor kita minta pemda membantu selang pemadam kebakaran yang baru. Untuk saat ini memang api sulit dipadamkan karena mobil damkar susah sampai ke lokasi kebakaran tetapi kita lewat jalan alternatif sampai ke titik api. Di atas bukit ini besar titik apinya," kata Kuswelli saat berhenti sejenak untuk istirahat usai memadam api ketika dikonfirmasi bangkapos.com di Lokasi Outbond Parai Beach Resort and Spa Sungailiat.

Menurutnya dari infomasi warga penyebab kebakaran ini karena ada yang membakar lahan. Dia minta agar pihak kepolisian menindak tegas bagi warga yang membakar lahan tersebut karena diduga ada unsur kesengajaan.

Diakui Kuswelli saat musim kemarau ini peristiwa kebakaran khususnya di hutan dan semak belukar sering terjadi. Untuk di Sungailiat selain di kawasan Pantai Parai dan Pantai Matras juga di lahan sekitar Lintas Timur Sungailiat.

"Dalam satu bulan saja diperkirakan terjadi hampir 50 titik kebakaran," kata Kuswelli.

Pihaknya juga kekurangan personil untuk memadamkan api dengan maraknya kebakaran saat musim kemarau ini. Oleh karena itu ia berharap adanya penambahan personil pemadam kebakaran dari Pemkab Bangka.

Sedangkan untuk air mereka mengambil dari kolong-kolong maupun sumur di Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perhubungan Kabupaten Bangka.

Puluhan hektar lahan di Bukit Parai habis dilalap si jago merah. Bahkan petugas Damkar Satpol PP Kabupaten Bangka bersama Tim Polsek Sungailiat setelah memadamkan api siang tadi ternyata sore ini masih terjadi lagi kebakaran kembali karena masih ada titik api yang menyala. Hingga berita ini diturunkan petugas damkar masih berjibaku memadam api di lokasi kebakaran.(*)

Penulis: nurhayati
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved