Kabupaten Belitung Dapatkan Peringkat 106 Penilaian Kinerja dari Mendagri, Dibawah Belitung Timur

Salah satu penyebab yang membuat Kabupaten Belitung berada di bawah posisi Belitung Timur karena hal ini

Kabupaten Belitung Dapatkan Peringkat 106 Penilaian Kinerja dari Mendagri, Dibawah Belitung Timur
Pos Belitung/Disa Aryandi
Ketua DPRD Kabupaten Belitung Taufik Rizani. 

Laporan Wartawan Pos Belitung, Disa Aryandi

BANGKAPOS.COM - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Republik Indonesia, Kamis (4/10/2018) sudah mengeluarkan Keputusan nomor 100-53 tahun 2018 tentang peringkat dan status kinerja penyelenggaraan Pemerintah Daerah Nasional. Kategori lingkup Provinsi, Provinsi Bangka Belitung menduduki peringkat 18 dari 33 Provinsi.

Sedangkan lingkup Kabupaten/Kota, Kabupaten Belitung berada diperingkat 106, dengan skor yang diperoleh 3.1628 atau penilaian sangat tinggi (ST). Peringkat kinerja tersebut, secara keseluruhan dinilai secara nasional atau terhitung dari 397 Kabupaten.

Namun peringkat yang didapat Kabupaten Belitung, kini masih berada dibawah Kabupaten Belitung Timur (Beltim). Kinerja Kabupaten Beltim berada diperingkat 97 dengan skor 3.1793 dengan penilaian ST, dan Bangka Tengah diperingkat 57 dengan skor 3.2846 mendapat ST.

Walaupun Kabupaten Belitung mendapat status ST, namun dalam penilaian kinerja tersebut, Kabupaten Belitung tidak mendapatkan atribut bintang. Perihal itu, Kabupaten Bangka Tengah mendapatkan dua atribut bintang, dan Belitung Timur satu atribut bintang.

Ketua DPRD Kabupaten Belitung Taufik Rizani mengaku sudah mendapatkan kabar tentang kinerja Kabupaten Belitung. Salah satu yang membuat Kabupaten Belitung berada di bawah posisi Belitung Timur, lantaran banyak kekosongan jabatan.

Terutama posisi jabatan Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), sehingga dalam melangsungkan program yang sudah tersusun, mengalami sedikit kendala.

"Itu salah satunya, karena setiap program yang dibahas di Bappeda diteruskan ke OPD - OPD. Kemudian OPD menjalankan program itu, nah kondisi sekarang posisi pimpinan OPD banyak yang kosong dan sampai saat ini belum terisi," kata Taufik kepada Posbelitung.co, Kamis (4/10/2018). 

Penulis: Disa Aryandi
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved