Ratna Sarumpaet Resmi Ditetapkan Tersangka, Terancam Hukuman 10 Tahun

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Argo Yuwono, resmi menetapkan aktivis perempuan Ratna Sarumpaet sebagai tersangka

Ratna Sarumpaet Resmi Ditetapkan Tersangka, Terancam Hukuman 10 Tahun
Warta Kota/Panji Baskhara Ramadhan
Ratna Sarumpaet memberikan penjelasan setelah diamankan oleh polisi di lokasi penggusuran Luar Batang, Senin (11/4/2016) 

BANGKAPOS.COM-- Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Argo Yuwono, resmi menetapkan aktivis perempuan Ratna Sarumpaet sebagai tersangka usai itu dicegah ke luar negeri di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang.

"Alasan daripada ditetapkan tersangka karena adanya laporan pada tanggal 2 Oktober 2018," ujar Argo di Polda Metro Jaya, Jakarta Pusat, Kamis (4/10/2018).

Ratna Sarumpaet, kata Argo, untuk sementara disangkakan dengan Pasal 14 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana.

Baca: Begini Tingkah Ayu Ting Ting Ketika Perankan Nagita Slavina hingga Sifat Asli Raffi Ahmad Terbongkar

Ratna Sarumpaet
Ratna Sarumpaet (Youtube)

Adapun isi Pasal 14 sebagai berikut: 
ayat (1), barang siapa, dengan menyiarkan berita atau pemberitahuan bohong, dengan sengaja menerbitkan keonaran dikalangan rakyat, dihukum dengan hukuman penjara setinggitingginya sepuluh tahun.

Sementara ayat (2), barang siapa menyiarkan suatu berita atau mengeluarkan pemberitahuan, yang dapat menerbitkan keonaran dikalangan rakyat, sedangkan ia patut dapat menyangka bahwa berita atau pemberitahuan itu adalah bohong, dihukum dengan penjara setinggi-tingginya tiga tahun. 

"Dan juga Undang-Undang ITE Pasal 28 juncto Pasal 45," tambahnya.

Baca: Penyebab Angel lelga Mau Bercerai dengan Vicky Prasetyo Perselingkuhan Hingga Dugaan Penipuan

Ratna sendiri tiba di Polda Metro Jaya sekira pukul 22.34 WIB. Ia tampak turun dari sebuah mobil hitam bersama para aparat kepolisian.

Ratna didampingi oleh seorang perempuan untuk masuk menuju Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Metro Jaya.

Mengenakan setelan baju berwarna abu-abu dipadukan dengan jilbab hijau, ia nampak berjalan tanpa mengindahkan pertanyaan awak media.

Baca: Ratna Sarumpaet Ditangkap Saat Akan ke Chile, Yunarto Wijaya : Dua Junjungannya Begitu

Tas merah marun yang dibawanya tampak berayun seiring ia berjalan. Wajahnya terlihat sedikit muram.

Meski terus dicecar pertanyaan, ibunda Atiqah Hasiholan ini tetap bungkam.(*)

Baca: Miliarder Asal Jepang Ini Akan Jadi Turis Pertama yang Berkunjung ke Bulan

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Resmi Ditetapkan Tersangka, Ratna Sarumpaet Terancam Hukuman Pidana 10 Tahun, http://www.tribunnews.com/nasional/2018/10/04/resmi-ditetapkan-tersangka-ratna-sarumpaet-terancam-hukuman-pidana-10-tahun.
Penulis: Reza Deni
Editor: Imanuel Nicolas Manafe

Editor: zulkodri
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved