Tingkatkan Nilai Tawar Lada, Gubernur Minta BP3L dan SRG Bersinergi

Gubernur Babel Erzaldi Rosman meminta BP3L harus bersinergi dengan SRG untuk meningkatkan nilai tawar Lada Bangka Belitung.

Tingkatkan Nilai Tawar Lada, Gubernur Minta BP3L dan SRG Bersinergi
Istimewa
Pertemuan Gubernur Babel, H Erzaldi Rosman bersama perwakilan Petani Lada H Duk, Kasmir dan perwakilan BP3L Ucon di Jakarta, Jumat (5/10). 

BANGKAPOS.COM - Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, H Erzaldi Rosman mengambil sikap guna mempersatukan BP3L (Badan Pengelolaan Pengembangan dan Pemasaran Lada) dengan SRG (Sistem Resi Gudang).

Hal ini dikatakannya dalam pertemuan bersama Petani Lada Babel, H Duk, Kasmir dan mewakili BP3L Ucon di Jakarta, Jumat (5/10).

Gubernur Babel meminta BP3L harus bersinergi dengan SRG. Hal ini sebagai upaya meningkatkan nilai tawar Lada Muntok White Pepper Bangka Belitung.

Bahkan disebutkannya, adanya IG (Indikasi Geografis) yang dimiliki petani Bangka Belitung harus dimanfaatkan untuk mensejahterakan petani lada di Babel.

"Semua Lada Muntok White Pepper Babel yang keluar dari Babel, baik dalam negeri maupun ekspor keluar negeri harus disertai Sertifikat IG Muntok White Pepper," jelasnya.

Dijelaskan Erzaldi juga perlu adanya pengawasan peredaran Muntok White Pepper baik dalam negeri maupun luar negeri.

"Untuk itu perlu dilakukan kerjasama dan koordinasi antara BP3L dan SRG dalam mengendalikan kuota ekspor sebagai upaya meningkatkan nilai tawar Muntok White Pepper," ungkap Erzaldi.

Erzaldi berharap serta mengajak semua komponen maupun instrumen yang dimiliki Babel dapat bersama-sama bergerak mencari solusi yang terbaik.

"Sikap ini diambil sebagai bentuk kepedulian saya selaku Gubernur Babel untuk mensejahterakan masyarakat Babel khususnya petani lada," tegasnya.

Sementara itu, H Duk berharap bersatunya BP3L dan SRG bisa mengangkat harga lada Bangka Belitung. Sehingga petani bersemangat kembali menanam serta merawat kebun lada mereka yang sudah menjadi peninggalan nenek moyang masyarakat Babel. (adv/rya/may)

Editor: fitriadi
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved