Potensi Produk Madu Desa Limbung Menjanjikan & Berkualitas

Masyarakat Desa Limbung Kecamatan Jebus Kabupaten Bangka Barat sejak setahun terakhir intens membudidayakan madu kelulud.

Potensi Produk Madu Desa Limbung Menjanjikan & Berkualitas
Istimewa
Produk unggulan Desa Limbung, Kerajinan Resam, Rotan, Madu Pelawan, Madu Hutan, Madu Kelulut. 

BANGKAPOS.COM - Masyarakat Desa Limbung Kecamatan Jebus Kabupaten Bangka Barat sejak setahun terakhir intens membudidayakan madu kelulud.

Potensi yang menjanjikan dari madu ini menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat setempat. Apalagi proses hingga menghasilkan air madu tidak membutuhkan waktu lama.

Kades Limbung Zulkifli menyampaikan, kelompok peternak madu ini sudah ada di desanya. Mereka beternak secara mandiri dan tradisonal.

“Hasilnya cukup menjanjikan, kalau penjualan madu ini kami masih me­ngandalkan siapa yang ingin memesan belum secara luas, kedepan misalkan produksi sudah memadai mungkin bisa melalui berbagai cara termasuk media elektronik,” jelas Zulkifli.

Produk unggulan Desa Limbung, Kerajinan Resam, Rotan, Madu Pelawan, Madu Hutan, Madu Kelulut.
Produk unggulan Desa Limbung, Kerajinan Resam, Rotan, Madu Pelawan, Madu Hutan, Madu Kelulut. (Istimewa)

Zulkifli menyebutkan, guna mendukung usaha masyarakat rencananya pihak desa akan membuat hutan desa. Tujuannya untuk budidaya madu sekaligus sebagai daya tarik wisatawan.

Selain itu akan ada pelatihan hingga pengadaan peralatan untuk menunjang usaha ini agar bisa membantu perekonomian masyarakat.

“Rencananya kegiatan pelatihan hingga pe­ngadaan peralatan penunjang peternakan madu kelulud ini akan dilaksanakan tahun depan, dan itu sudah masuk prioritas guna menunjang program desa,” paparnya.

Tidak hanya itu, dijelaskan Zulkifli potensi di desanya sebetulnya cukup melimpah, ada juga madu hutan, usaha masyarakat seperti kopiah resam, pembuatan peralatan rumah tangga dari rotan, kerupuk dan sebagainya.

Kedepan juga desa berencana membuat kebun nanas, selain itu pelatihan pembuatan pupuk kompos bagi PKK.

“Rencana ini tentunya butuh realisasi dan juga bagaimana pemasarannya nanti kalau sudah terea­lisasi agar kegiatan terus berjalan, kami akan minta pemerintah daerah dan juga pihak terkait mendukung ini terutama pemasarannya,” kata Zulkifli.

Halaman
123
Editor: fitriadi
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved