Sinergitas 4 Lembaga Dapat Mensejahterakan Petani Lada di Babel

Kami sangat berterima kasih kepada gubernur yang telah mensinergikan 4 lembaga, untuk mengembangkan lada Babel

Sinergitas 4 Lembaga Dapat Mensejahterakan Petani Lada di Babel
Bangkapos/agus nuryadhyn
Pertemuan Ketua BP3L babel H Zainal Arifin, H Duk Petani Kabupaten Bangka Tengah, H Suhardi Petani Puding Besar Kabupaten Bangka dan Kasmir Kepala Gudang SRG Puding Besar, melakukan pertemuan menindaklanjuti sinergitas 4 lembaga. 

Laporan Wartawan Bangkapos, Agus Nuryadhyn

BANGKAPOS.COM, BANGKA-- Badan Pengelolaan Pengembangan dan Pemasaran Lada (BP3l) Bangka Belitung menyampaikan apresiasi kepada Gubernur Babel Dr H Erzaldi Rosman dengan adanyan sinergitas BP3L, Dewan Rempah Indonesia (DRI) Babel, Koperasi Lada Babel dan Sistem Resi Gudang.

"Kami sangat berterima kasih kepada gubernur yang telah mensinergikan 4 lembaga, untuk mengembangkan lada Babel, " ungkap Ketua BP3L Babel H Zainal Arifin di Kantor BP3L di Kecamatan Pangkalanbaru Bangka Tengah, Rabu (10/10).

Dalam membahas tindaklanjut ini Ketua BP3L H Zainal Arifin, bersama H Duk Petani Kabupaten Bangka Tengah, H Suhardi Petani Puding Besar Kabupaten Bangka dan Kasmir Kepala Gudang SRG Puding Besar.

Menurut Zainal, dengan dukungan gubernur, maka terbentuk sinergitas pelaku usaha petani lada di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Dimana ungkap Zainal, bahwa langkah awal sinergi BP3L, Dewan Rempah Indonesia Wilayah Babel, Koperasi Lada Babel dan SRG, untuk program awal akan membesarkan produk biji dan bubuk lada dalam kemasan dengan standar ekspor.

"Lada yang di ekspor tentunya memiliki kualitas ekspor 100 persen lada putih, standar internasional kualitas standar indikasi geografis (IG) Babel," ujarnya.

Bahkan Zainal mengemukakan BP3L menyambut baik adanya diberlakukan sistem resi gudang,sehingga lada ke depan, yang sekarang ini jatuh, dan diusahakan dengan sistem resi gudang, diharapkan harga lada bisa naik kembali.

"Dengan resi gudang, dimana produksi lada merosot yang saat ini untuk ke depan bisa naik kembali," ungkapnya.

Harapan Zainal dengan sinergi BP3L, DRI, Koperasi Lada Babel, dan SRG, maka akan dapat memberikan respon petani lada untuk bangkit kembali menanam lada.

Halaman
123
Penulis: agusrya
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved