Video: Irigasi dan Sawah Petani di Desa Rias Toboali di Cemari Limbah TI

Keluhan petani cuma satu pak, soal irigasi yang tercemar oleh limbah penambangan di kawasan Bikang. Karena pencemaran ini akan

Laporan Wartawan Bangka Pos, Anthoni Ramli

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Kepala Desa Rias Abdul Gani, Kecamatan Toboali, Kabupaten Bangka Selatan, mengeluhkan pencemaran air limbah aktifitas Tambang Inkonvensional (TI) pasir timah yang masuk ke irigasi petani.

Keluhan ini disampaikan Abdul Gani dihadapan Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman dan Bupati Bangka Selatan H Justiar Noer saat menghadiri panen perdana Demplot M 400 tahun 2018 di desa Rias, Kecamatan Toboali, Rabu (10/10/2018).

Dikatakan Abdul Gani, limbah tersebut berasal dari aktifitas penambangan di desa Bikang, Kecamatan Toboali, Kabupaten Bangka Selatan.

Menurutnya, limbah tersebut mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tumbuh kembang tanaman padi.

" Keluhan petani cuma satu pak, soal irigasi yang tercemar oleh limbah penambangan di kawasan Bikang. Karena pencemaran ini akan berpengaruh dengan pertumbuhan dan perkembangan tanaman padi. Kiranya pak gubernur, Bupati bisa memberikan solusi, agar permasalahan ini bisa di tanggulangi," keluh Abdul Gani, Rabu (10/10/2018).(*)

Penulis: Antoni Ramli
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved