Modus Penipuan Melalui Pesan Singkat Berkurang Sejak Penerapan Aturan Registrasi Kartu

Aturan registrasi yang berlaku sejak oktober 2017 lalu berdampak signifikan,

Modus Penipuan Melalui Pesan Singkat Berkurang Sejak Penerapan Aturan Registrasi Kartu
Bangkapos/irakurniati
Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Bangka belitung, Sudarman 

Laporan wartawan Bangka Pos, Ira Kurniati

BANGKAPOS.COM - Sejak diberlakukannya registrasi kartu prabayar menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan nomor Kartu Keluarga (KK), aduan masyarakat di Dinas Kominfo Provinsi Kepulauan Bangka Belitung  mengenai modus penipuan via pesan singkat, mulai berkurang.

Biasanya aduan ini didengar oleh pihak Kominfo mengenai penipuan yang menyasar pada materi, berupa permintaan untuk dikirimi uang ke rekening.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Sudarman menjelaskan dengan diberlakukannya registrasi kartu menggunakan NIK dan KK, maka identitias diri pemilik tersebut sudah tercatat dan bisa dilacak sewaktu-waktu.

"Adanya pendaftaran itu, pesan singkat dengan modus penipuan itu berkurang. Biasanya ada yang membahas dapat sms minta pulsa atau kirim nomor rekening. Tapi sekarang sudah berkurang." ujar Sudarman, Kamis (11/10/2018).

Menurutnya aturan registrasi yang berlaku sejak oktober 2017 lalu ini, memang berdampak signifikan, satu diantaranya yakni menurunnya ujaran kebencian yang beredar, sebab data diri penyebar isu itu akan dengan sangat mudah terlacak tim cyber .

Subscribe Channel Youtube Bangka Pos:

Penulis: Ira Kurniati
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved