Tingkat Mutu Pelayanan Kesehatan, Tim Binwas PMB Lakukan Pemeriksaan 59 Tempat Praktek Bidan

Pemerintah Kabupaten Bangka melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka, selama dua minggu dari tanggal 2 hingga 10 Oktober 2018

Tingkat Mutu Pelayanan Kesehatan, Tim Binwas PMB Lakukan Pemeriksaan 59 Tempat Praktek Bidan
(ist/dinkes kabupaten bangka)
Tim Binwas PMB saat melakukan pembinaan dan pengawasan praktek mandiri bidan (Binwas PMB) di Kabupaten Bangka. 

Laporan Wartawan Bangka Pos Nurhayati

BANGKAPOS.COM, BANGKA--Pemerintah Kabupaten Bangka melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka, selama dua minggu dari tanggal 2 hingga 10 Oktober 2018 melakukan Pembinaan dan Pengawasan Praktek Mandiri Bidan (Binwas PMB) di Kabupaten Bangka.

Kegiatan ini dilakukan dalam rangka Implementasi Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 28 Tahun 2017 tentang penyelenggaraan dan izin praktek bidan serta untuk meningkatkan mutu pelayanan kebidanan di Kabupaten Bangka.

Binwas PMB yang dilaksanakan oleh Tim Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka bersama pihak terkait ini mengunjungi 59 tempat praktek mandiri bidan yang tersebar di delapan kecamatan di Kabupaten Bangka.

Tim Binwas PMB ini mengecek kelayakan sarana, prasarana serta alat kesehatan yang digunakan dalam memberikan pelayanan kebidanan, juga mengecek kelengkapan administrasi perizinan yang wajib dimiliki oleh bidan, yakni STR (Surat Tanda Registrasi) dan Surat Izin Praktek Bidan (SIPB).

Pada Binwas PMB ini juga bidan diberikan penyuluhan dan bimbingan terkait standar penyelenggaraan pelayanan asuhan kebidanan sesuai persyaratan yang tercantum dalam Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 28 Tahun 2017.

"Binwas PMB ini diarahkan untuk meningkatkan mutu pelayanan, keselamatan pasien, dan melindungi masyarakat terhadap segala kemungkinan yang dapat menimbulkan bahaya bagi kesehatan," jelas Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka dr Then Suyanti didampingi Kasi Promosi Kesehatan Kabupaten Bangka (Promkes) Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka Susilawati, Kamis (11/10/2018) kepada bangkapos.com.

Menurutnya dari hasil dari Binwas PMB ini tidak ditemukan masalah atau kendala yang berarti, tetapi tim binwas tetap mengimbau agar para bidan tetap mengacu pada peraturan yang berlaku dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.(*)

Penulis: nurhayati
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help