Pertamina dan Bangka Pos Gelar Pelatihan e-Commerce, Berdayakan UKM Jangkau Pasar Nasional

PT Pertamina menggandeng Bangka Pos Group menggelar Program Pelatihan e-Commerce bersama 16 pelaku usaha kecil menengah (UKM).

Pertamina dan Bangka Pos Gelar Pelatihan e-Commerce, Berdayakan UKM Jangkau Pasar Nasional
Bangka Pos/Yudha Palistian
Pelatihan e-Commerce PT Pertamina (Persero) bersama Bangka Pos Group dan 16 pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) . 

BANGKAPOS.COM - PT Pertamina (Persero) menggandeng Bangka Pos Group menggelar Program Pelatihan e-Commerce bersama 16 pelaku usaha kecil menengah (UKM) di Kantor Bangka Pos Jalan KH Abdurrachman Siddik No.1 B Kota Pangkalpinang, Kamis (11/10).

Acara tersebut turut diha­diri Region Manager Domestic Gas Pertamina Sumbagsel, Teddy Bariadi, Pjs Region Manager Communication-CSR Pertamina Sumbagsel, Taufikurachman, Operation Head TBBM Pangkalbalam, Widhi, Communication-Relations Pertamina Sumbagsel , Siti Rachmi I dan CSR-PKBL Pertamina Sumbagsel, Dian Kuswardani.

Selain itu dari Bangka Pos Group yakni Editor in Chief Syarief Dayan dan Vice GM Business Vivi.

Communication-Relations Pertamina Sumbagsel, Siti Rachmi menuturkan, program ini merupakan program kerjasama media yang telah dimulai sejak bulan Mei tahun 2018 serta total 16 UKM yang telah ikut bekerjasama.

Dalam waktu yang bersamaan Vice GM Business Bangka Pos Group, Vivi mengatakan turut menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan ini sehingga bisa menopang para UKM tersebut.

Adapun rangkaian acara tersebut yakni sosialisasi penggunaan tabung LPG yang aman, diskusi program kemitraan, wawasan Pertamina dan pelatihan e-Commerse yang berlangsung hingga pukul 15.50.

Pelatihan e-Commerce PT Pertamina (Persero) bersama Bangka Pos Group dan 16 pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) .
Pelatihan e-Commerce PT Pertamina (Persero) bersama Bangka Pos Group dan 16 pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) . (Bangka Pos/Yudha Palistian)

Pemilik UKM Kripik Endess, Deska Yulandari menuturkan, pelatihan e-Commerce yang diberikan PT Pertamina (Persero) dan Bangka Pos Group sangat mengedukasi usahanya dalam menjangkau pasar lokal maupun nasional.

“Banyak sekali informasi yang kami peroleh seperti mengantisipasi di lapangan sebab materi yang disajikan benar-benar bermanfaat untuk usaha kedepannya,” kata Deska.

Selain itu, ia juga menuturkan bahwa usaha yang didirikannya sejak tahun 2015 silam semenjak mengikuti program UKM dari Pertamina bersama Bangka Pos sangat memberikan andil yang sangat besar dalam media promosi.

“Awalnya saya dihubungi oleh Bangka Pos untuk bergabung dalam UKM ini, karena data usaha saya ditemukan dari Dinas Perdagangan Kota Pangkalpinang. Sangat gembira sekali dengan info itu,” jelasnya.

Senada dikatakan Pemilik UKM MR Taki, Firmasnyah. Ia menuturkan dalam satu bulan usahanya bisa mencapai laba bersih sekitar Rp 6 juta.

“Saat ini baru ada dua cabang di wilayah Pangkalpinang, selanjutnya akan membuka ke Kota Sungailiat dan sekitarnya,” bebernya.

Ia juga menuturkan, harapan kedepannya semoga bisa mengembangkan usaha untuk cakupan yang lebih luas dan bisa dikenal oleh khalayak luar tidak hanya di Pangkalpinang saja. (adv/q4/may)

Data 16 UKM
Program Pertamina dan Bangka Pos
* UKM Tudung Saji
* UKM Kretek Wah-You
* UKM Syrup Jeruk Kunci Mirrando
* UKM MR Taki
* UKM Risoles Mayones Bang Din
* UKM Kricu Cantiqa
* UKM Raisyah dan Aneka Snack
* UKM Lapis Susu Zulaika
* UKM Disti Keripik Singkong Oven
* UKM Stik Cumi 2B
* UKM Yana Cake Aneka Kue
* UKM Dapuk Maknai
* UKM Anggi Parla
* UKM Rusip Asri
* UKM Kemplang Panggang AA
* UKM Kripik Endess

Editor: fitriadi
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved