50 Kelompok KUBE PKH di Pangkalpinang Terima Bantuan Kemensos RI

Hingga saat ini Kementerian Sosial (Kemensos) terus konsen dalam pengentasan dan pengurangan angka kemiskinan di Indonesia.

50 Kelompok KUBE PKH di Pangkalpinang Terima Bantuan Kemensos RI
Ist
Direktur Penanganan Fakir Miskin Wilayah I Kemensos RI, DR, Naziarto 

Laporan Wartawan Bangka Pos , Zulkodri

BANGKAPOS.COM, BANGKA-- Direktur penanganan Fakir miskin wilayah I Kementerian Sosial, DR Naziarto mengatakan hingga saat ini Kementerian Sosial (Kemensos) terus konsen dalam pengentasan dan pengurangan angka kemiskinan di Indonesia.

Adapun satu di antaranya yakni terus mengucurkan bantuan untuk Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Program Keluaraga Harapan (PKH).

" Untuk di Pangkalpinang ada 50 Kelompok yang akan menerima KUBE PKH. Untuk satu kelompok terdiri dari sepuluh kepala Keluarga (KK) adan akan menerima bantaun sebesar Rp20 juta per kelompok," ujarnya Naziarto saat memberikan bimtek tentang KUBE PKH di Aula Dinsos PPPA Kota Pangkalpinang

Dengan adanya program KUBE PKH ini, lanjut Naziarto diharapkan masyarakat akan lebih produktif dalam meningkatkan perekonomian keluarga hingga bisa keluar dari kemiskinan.

Selain memberikan bimtek, lanjut Naziarto pihaknya juga melakukan verifikasi terhadap rehabilitasi sosial, bantuan sosial (bansos) rumah tidak layak huni (Rutilahu di Pangkalpinang.

Untuk target jumlah bansos yang akan diberikan katanya, sangat tergantung kepada kesiapan daerah sesuai dengan proposal yang telah disampaikan kepada Kemsos RI.

"Kalau prorposalnya banyak dan cukup syarat yang telah ditentukan jutlak dan juknis kita siap memberikan, karena proposal ini sebagai awal bagi kami untuk menentukan penyaluran bansos di kabupaten/kota " bebernya.

Kalau untuk kuota bansos se Indonesia ini sangat banyak, untuk tahun 2018 ini sendiri katanya, untuk KUBE ada sebanyak 46 ribu kelompok, RSRTLH ada 7.300 kelompok dan untuk Sarana Lingkungan (Sarling) ada sekitar 300 Sarling.

"Untuk Sarling ini sendiri di Babel akan kami berikan setiap kabupaten/kota sebanyak 2, karena Sarling ini berbeda bantuan yang diterima sebesar 50 juta perkelompok, kalau KUBE tadi hanya 20 juta. Untuk tahun 2018 ini dari Derektorat yang saya tangani saja sudah sangat banyak, mulai dari KUBE, RSTLH, Sarling, Bansos Rastra dan BPNT. Untuk Kota Pangkalpinang sendiri pada tahun 2018 ini akan mendapatkan 1,7 Miliar untuk KUBE dan RSTLH belum untuk BPNT dan Rastra. Insya Allah banyak yang akan kami salurkan," bebernya.

Bantuan KUBE PKH untuk 5 Kecamatan

Kadinsos PPPA Kota Pangkalpinang, Fitriansyah mengatakan bantuan KUBE PKH yang diberikan untuk Pangkalpinang akan diberikan kepada 50 kelompok yang ada di lima kecamatan di Pangkalpinang.

" Jadi Totalnya ada 500 KK yang menerima bantuan KUBE PKH yang tersebar di Lima kecamatan di Pangkalpinang. Mereka yang menerima KUBE PKH ini  sebelumnya sudah masuk data basis terpadu fakir miskin ( BDTFM) dan masuk kategori masyarakat tidak mampu," ujarnya.

Bantuan ini selain untuk mensejahterakan ekonomi, diharapkan juga dapat meningkatkan kesetiakawanan sosial sesama anggota kelompok. sehingga mereka dapat bersama-sama mengatasi masalah dan berfungsi sosial secara baik.

" Harapan kami, para penerima bantuan dapat memanfaatkanya dengan baik. Bantuan memang diberikan secara cuma-cuma, tetapi penerima manfaat tetap memiliki tangung jawab moral. Nanti kelompok penerima bantuan juga akan didampingi lima orang pendamping KUBE," ucapnya.(*)

Penulis: zulkodri
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help