Bambang Patijaya: Pariwisata Bisa Jadi Lokomotif Perekonomian Baru Babel

pariwisata merupakan sektor yang menjanjikan dan menurut Bambang, masyarakat dan pemerintah harus berbondong-bondong saling membantu

Bambang Patijaya: Pariwisata Bisa Jadi Lokomotif Perekonomian Baru Babel
Bambang Patijaya 

BANGKAPOS.COM--Pertambangan dan perkebunan menjadi sektor terbesar penyumbang Produk Domestik Bruto (PDB) regional Bangka Belitung (Babel).

Namun selain itu, sektor pariwisata juga dianggap bisa menjadi penggerak perekonomian Babel.

Seperti yang dikatakan Bambang saat menjadi pembicara di seminar Investasi Keuangan bertajuk 'Strategi Tangguh Berinvestasi Pariwisata di Era Milenial' dalam perayaan hari jadi Radio EL JOHN 88,5 FM, di Pangkalpinang, Senin (13/10/2018).

Menurutnya, pariwisata bisa menjadi lokomotif alias pergerakan untuk memajukan ekonomi Babel.

"Babel setelah perkebunan atau pertambangan adalah pariwisata, yang dikatakan sebagai lokomotif kemajuan ekonomi Babel," ujar Bambang.

Sampai saat ini kata Bambang, komoditas pertambangan dan perkebunan menyumbang hampir setengah lebih sebagai penyumbang BPD Babel, disusul sektor Pengolahan dan Perdagangan.

Total dari 4 sektor itu sekitar 80 persen.

Namun pariwisata merupakan sektor yang menjanjikan dan menurut Bambang, masyarakat dan pemerintah harus berbondong-bondong saling membantu untuk menggali lebih dalam sektor tersebut, agar bisa menjadi lokomotif kemajuan perekonomian Babel.

"Kita semua ini harus sama-sama, mendukung pemerintah juga untuk menggali lebih dalam sektor perawisata tersebut, agar menjadi alternatif baru kemajuan Babel," tutur Ketua Ikatan Keluarga Alumni (IKAL) Babel itu.

"Pada 2011, saya bicara 2011 karena datanya ada pada 2011, ada yang dinamakan neraca Pariwisata daerah (nespada) saat itu dikatakan kontribusi pariwisata terhadap babel baru 4,8 persen. Harus kita gali lebih dalam," pungkas Bambang.(*)

Penulis: Iwan Satriawan
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved