Pemkab Bangka Dapat Mobil Dumlap, Bupati Minta OPD Bisa Perjuangkan Dapat Dana Pemerintah Pusat

Mobil DUMLAP menurutnya sebagai sarana untuk menanggulangi bencana di masyarakat sehingga bergerak cepat

Pemkab Bangka Dapat Mobil Dumlap, Bupati Minta OPD Bisa Perjuangkan Dapat Dana Pemerintah Pusat
bangkapos/nurhayati
Bupati Bangka Mulkan saat melakukan pengguntingan pita tanda terima mobil DUMLAP dan berfoto bersama dengan para kepala OPD di lingkungan Pemkab Bangka, Senin (15/10/2018) di Halaman Kantor Bupati Bangka. 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Nurhayati

BANGKAPOS.COM --  Bupati Bangka, Mulkan, menilai bantuan dari Kementerian Sosial Republik Indonesia satu unit mobil Dapur Umum Lapangan (DUMLAP) atas perjuangan Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Bangka merupakan bukti keberhasilan kinerja Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Pemkab Bangka. 

Tentu saja kinerja ini Dinsospemdes Kabupaten Bangka ini bisa memotivasi OPD lainnya di lingkungan untuk memperjuangkan bantuan dana maupun fasilitas dari pemerintah pusat.

Mulkan menilai masih banyak dana dari pemerintah pusat yang belum didapatkan Pemkab Bangka. Jika hanya mengandalkan APBD Kabupaten Bangka maka roda pembangunan tidak akan berjalan maksimal.

"Bagaimana strategi kita supaya mendapat bantuan-bantuan dari pusat karena kedepannya yang bisa diharapkan adalah bantuan dari pusat. Kalau hanya mengandalkan APBD II terutama PAD kita tidak cukup kemana-mana," ucap Mulkan.

Mobil DUMLAP menurutnya sebagai sarana untuk menanggulangi bencana di masyarakat sehingga bergerak cepat memudahkan para korban bencana mendapatkan distribusi makanan melalui dapur umum yang disiapkan pemerintah.

Terkait bencana Mulkan meminta agar Dinas Sosial Perberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Bangka bisa menginventarisir titik-titik bencana terutama permasalahan bencana banjir yang harus dikurangi bahkan kalau bisa ditanggulangi dan dihilangkan.

"Kita sangat mengharapkan tidak terjadi bencana di daerah kita dengan menanggulanginya sedini mungkin sehingga bencana dapat diminimalisir dan tidak terjadi," harap Mulkan.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bangka, Arman Agus, mengatakan Kabupaten Bangka satu-satunya daerah di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang mendapat bantuan Mobil DUMLAP dari kementerian sosial.

Pada tahun 2018 ini Kabupaten Bangka menurutnya, mendapatkan bantuan dari pemerintah pusat yakni dari APBN berasal dari Kemensos RI sebesar 17.155.000.000.

Bantuan tersebut yakni bantuan pangan non tunai, kegiatan kelompok usaha bersama, KUBE reguler, KUBE Dekon, rumah layak huni 50 unit, sarana prasarana lingkungan, dan mobil DUMLAP seharga Rp 498 juta yang lengkap dengan peralatannya, tabungan sosial anak cacat, rehab rumah lansia, dan asistensi sosial bagi disabilitas.

"Mobil ini harusnya jatah wilayah Indonesia Timur tetapi kita gigih akhirnya mendapatkan. Untuk di Babel ini baru Kabupaten Bangka yang mendapatkannya. Mobil ini diharapkan dapat menjadi salah satu alat untuk menanggulangi bencana di Kabupaten Bangka," kata Arman.

Penulis: nurhayati
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved