PT.AHM Bidik Siswa Berprestasi Melalui Kontes Keterampilan

Kompetensi ini menghadirkan 40 siswa SMK seluruh Indonesia, yang akan uji kemampuan teknkk sepeda motor di SMK Mitra Industri MM2100, Cikarang

PT.AHM Bidik Siswa Berprestasi Melalui Kontes Keterampilan
Bangkapos/irakurniati
Direktur pembinaan SMK, Kementerian Pendidikan dan kebudayaan, M.Bakrun (baju putih) bersama manajemen AHM meninjau siswa yang ikut dalam kompetensi teknik sepeda motor di Cikarang, Selasa (16/10/2018) 

Laporan wartawan Bangka Pos, Ira Kurniati

BANGKAPOS.COM, CIKARANG - PT. Astra Honda Motor (AHM) menggelar kompetensi teknik sepeda motor, yang bertajuk "The 9th Astra Honda Skill Contest (AHSC) for vocational shcool 2018.

Kompetensi ini menghadirkan 40 siswa SMK seluruh Indonesia, yang akan uji kemampuan teknkk sepeda motor di SMK Mitra Industri MM2100, Cikarang, Bekasi, Jawa barat, Selasa (16/10/2018).

Terpilihnya 40 siswa SMK ini melalui proses yang berjenjang. Mulai dari sekitar 29 ribu siswa dan 638 SMK binaan yang mengimplementasi kurikulum teknik dan bisnis sepeda motor (TSBM) Astra honda, terlibat dalan ajang ini, hingga terpilihlah perwakilan siswa terbaik.

Uji kompetisi yang diikuti peserta yakni dari tingkat sekolah, berlanjut ke jenjang regional oleh main dealer sepeda motor honda, hingga ditingkat nasional.

Direktur HR, GA, IT AHM, Markus Budiman menuturkan, ajang ini dikemas untuk memberikan kontribusi terhadap pendidikan vokasi industri di Indonesia. Ia juga mengatakan, perhatian pemerintah terhadap peningkatan mutu pendidikan vokasi industri kini semakin besar.

Setelah mengimplementasikan kurikulum TBSM Astra Honda.

"Kini saatnya perusahaan mengalibrasi dan menguji kompetensi para siswa, sehingga kualitas lulusannya kelak semakin mumpuni dalam berkompetisi di dunia industri otomotif." ujar Markus, Selasa (16/10/2018).

”Peran serta industri otomotif roda dua semakin strategis terhadap dunia pendidikan dan vokasi industri. Kami berharap, kegiatan ini mampu memenuhi kebutuhan terhadap program link and match dunia usaha dan dunia pendidikan." tambahnya.

AHM menyediakan beragam hadiah untuk para siswa pemenang kontes keterampilan teknik SMK tingkat nasional. Juara pertama mendapatkan beasiswa Rp 8 juta, pemenang kedua disiapkan beasiswa Rp 5 juta, dan pemenang ketiga Rp 3 juta.

"para peserta kontes mekanik SMK ini harus mampu menjawab materi uji yang sudah disesuaikan dengan perkembangan teknologi terkini Honda. Tahapan ini dilakukan melalui tes teori, praktik meja, sampai dengan pemecahan masalah pada sepeda motor." pungkas Ahmad Muhibuddin, selaku General Manager Corporate Communication AHM.

Kontes teknik sepeda motor siswa SMK ini berlangsung hingga besok, (17/10/2018). Sore ini pun, Direktur pembinaan SMK, Kementerian Pendidikan dan kebudayaan, M.Bakrun, juga turut hadir meninjau sejuwlah siswa yang sedang unjuk kompetensi.

"yang diusung AHM ini semoga bisa terus kita kembangkan. Secara umum sekolah-sekolah besar sudah 70 persen masuk industri manufaktur." ujarnya disela-sela acara di kawasan Cikarang.(*)

Penulis: Ira Kurniati
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved