Selamatkan Arsip Statis, Bupati Bangka Lauching Timah Corner

Timah corner merupakan tempat khusus yang dibangun dan ditempatkan di pojok berada pada salah satu

Selamatkan Arsip Statis, Bupati Bangka Lauching Timah Corner
Bangkapos/Nurhayati
Bupati Bangka Mulkan dan Wakil Bupati Bangka Syahbudin bersama Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Bangka Hj Mina Tarmizi dan Pengelola Timah Corner Anis saat lauching Timah Corner, Selasa (16/10/2018) di Kantor Bupati Bangka. 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Nurhayati

BANGKAPOS.COM, BANGKA--Bupati Bangka Mulkan melauching Timah Corner, Selasa (16/10/2018) di Ruang Rapat Bina Praja Kantor Bupati Bangka.

Timah Corner ini dikelola oleh Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Bangka yang berada disudut pojokan dekat tangga masuk ke ruang kantor bupati.

Di pojokan Timah Corner ini pengunjung bisa mengetahui sejarah pertimahan di Pulau Bangka, foto-foto penambangan timah di Bangka dan melihat pernak-pernik produk timah.

Diakui Mulkan pertambangan timah di Pulau Bangka dimulai pada abad ke 17 yang merupakan penghasil pertambangan timah terbesar di Indonesia, salah satu tempat aktivitas penambangannya berada di Kabupaten Bangka.

"Timah corner merupakan tempat khusus yang dibangun dan ditempatkan di pojok berada pada salah satu pojok yang ada di lingkungan Kantor Bupati Bangka sebagai upaya penyelamatan arsip statis yang bersifat kesejarahan mengenai arsip khusus sejarah perjalanan pertambangan timah di Bangka," jelas Mulkan.

Menurutnya tujuan adanya Timah Corner ini sebagai upaya penyelamatan dan pelestarian arsip sejarah timah di Kabupaten Bangka. 

Selain itu juga sebagai wadah pusat informasi dan sumber rujukan yang menyediakan bahan referensi tentang sejarah timah Bangka.

Membangkitkan kesadaran dan kepedulian terhadap arsip oleh Aparatur Sipil Negara (ASN) maupun masyarakat terhadap pentingnya penyelamatan dan pelestarian dokumen arsip statis yang bersifat sejarah dan mendukung program gerakan nasional budaya sadar tertib arsip

Dengan adanya Timah Corner ini diharapkan ke depan para generasi di masa mendatang dan masyarakat bisa mengetahui perjalanan sejarah timah di Bangka.

"Kami juga berterima kasih kepada PT Timah Tbk atas dukungan dan kerjasamanya terhadap pembentukan Timah Corner ini. Ke depan semoga Timah Corner ini bisa menjadi museum ini di Kabupaten Bangka yang bisa menjadi daya tarik bagi para tamu yang datang berkunjung di kantor Bupati Bangka dan mendapatkan pengetahuan tentang sejarah Timah Bangka," harap Mulkan.(*)

Penulis: nurhayati
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved