Banyak Manfaat Bagi Kesehatan, Ada 5 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Olahraga Lari

Banyak Manfaat Bagi Kesehatan, Ada 5 Hal yang Perlu diPerhatikan Saat Olahraga Lari

Banyak Manfaat Bagi Kesehatan, Ada 5 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Olahraga Lari
Google
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Idandi Meika Jovanka

BANGKAPOS.COM - Berlari menjadi satu di antara olahraga pilihan sebagai upaya menjaga kebugaran tubuh bagi sebagian orang.

Selain mudah dilakukan tetapi dapat dilakukan siapa saja tanpa memerlukan berbagai peralatan yang mahal.

Tidak hanya memperlancar aliran darah, lari juga memiliki manfaat lain yang secara langsung dapat memengaruhi beberapa bagian tubuh.

Seperti, mengurangi berat badan, baik bagi kesehatan lutut, mencegah osteoporosis, mengurangi risiko jantung koroner, dan memperbaiki suasana hati

Hanya saja, sebagian orang kerap melakukan kesalahan dalam melakukannya yang menyebabkan cedera. Berikut lima 5 kesalahan yang perlu dihindari berdasarkan informasi dilansir dari dokter.id:

·         Melakukan terlalu banyak dan terlalu cepat

Salah satu kesalahan yang paling sering dilakukan oleh pelari pemula adalah melakukan terlalu banyak dan terlalu cepat. Buatlah program latihan yang baik untuk dapat meningkatkan jarak, intensitas dan frekuensi dalam berlari. Para ahli menyarankan untuk meningkatkan jarak tempuh lari Anda 10% setiap minggunya.

·         Tidak mengambil waktu beristirahat

Berlari merupakan jenis olahraga high impact yang bisa mungkin berat untuk tubuh, terutama pelari baru yang kondisi otot dan tulangnya belum pada kondisi siap untuk latihan yang intens. Jadi sangat penting mengambil waktu istirahat diantara waktu berlari untuk memberikan kesempatan otot dan tulang pulih.

Halaman
12
Penulis: Idandi Meika Jovanka
Editor: teddymalaka
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved