BSSN Minta Pemerintah Daerah Bentuk SOC

Ini harus diimplementasikan dan untuk mengimplementasikan itu kita membutuhkan berbagai persiapan

BSSN Minta Pemerintah Daerah Bentuk SOC
Bangka Pos/Krisyanidayati.
Sekretaris Umum Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Syahrul Mubarak. 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Krisyanidayati

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) mengapresiasi kegiatan asosiasi dinas komunikasi dan informatika provinsi se Indonesia yang dilaksanakan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, di Soll Marina Hotel, Kamsi (18/10/2018).

"BSSN sangat mengapresiasi kegiatan ini kesempatan membangun sinergi dan kolaborasi untuk kemanan Informasi dan cyber," kata sekretaris umum BSSN, Syahrul Mubarak.

Ia menambahkan dengan keluarnya peraturan presiden nomor 95 tahun 2018 tentang sistem pemerintahan berbasis elektronik mendorong penyelenggara pemerintahan harus menerapkan e-government.

"Ini harus diimplementasikan dan untuk mengimplementasikan itu kita membutuhkan berbagai persiapan baik kemanan cyber dan penerapan e-government," tambahnya.

Meski pelaksanaan pemerintahan dilakukan secara elektronik, pihaknya akan menjamin agar data-data pemerintah tidak mudah diretas dengan sistem cyber security emergency respons time.

Menurutnya pemerintah daerah juga harus segera membentuk Security Operation Center (SOC) untuk memberikan pengamanan di tingkat pertama.

"Tidak mudah di retas, kalau sudah terbangun sistem ini. Makanya di tingkat daerah juga harus membentuk SOC di tingkat daerah yang nantinya akan terhubung ddngan kontak cyber pusat," tambahnya.(*)

Penulis: krisyanidayati
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved