Kadisdik Babel Imbau Kepala Sekolah Selektif Laksanakan Event di Sekolah

Kita dapat laporan awalnya kegiatannya berjalan dengan baik karena ada penampilan minat dan bakat. Tapi habis itu

Kadisdik Babel Imbau Kepala Sekolah Selektif Laksanakan Event di Sekolah
Bangka Pos/Krisyanidayati
Kepala Dinas Pendidikan Babel, M. Soleh. 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Krisyanidayati

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, M. Soleh meminta agar sekolah tidak mudah menerima kegiatan yang ditawarkan untuk dilaksanakan di sekolah.

Soleh menyebutkan pihak luar yang ingin menyelenggarakan kegiatan di dalam sekolah harus berkoordinasi dan mengantongi rekomendasi dari dinas pendidikan.

Hal ini paska pihaknya menerima laporan, ada salah satu perusahaan yang menyelenggarakan kegiatan di sekolah yang dinilai tidak edukatif hingga mendatangkan Disk Jokey (DJ) yang mengganggu kegiatan belajar mengajar.

"Kita dapat laporan awalnya kegiatannya berjalan dengan baik karena ada penampilan minat dan bakat. Tapi habis itu ada joget-jogetnya, jingkrak-jingkrak. Padahal ini dilakukan di jam sekolah dan ini tidak mendidik," kata Soleh, Kamis (18/10/2018).

Oleh karena itu, pihaknya menganggap bahwa sekolah perlu diinformasikan agar tidak sembarangan menerima tawaran kegiatan di dalam sekolah.

"Kegiatan ini kami hentikan, kalau mau melaksanakan kegiatan yang menyasar sekolah khususnya SMA dan SMK di Babel, kami mohon untuk berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan," katanya.

Ia menyebutkan, pihaknya bukan tidak terbuka terhadap tawaran kegiatan dari luar. Namun, sekolah diminta untuk lebih selektif dan kegiatan yang dihadirkan harus mengedukasi.

"Untuk kegiatan yang kami nilai tidak mendidik maka akan kami stop. Jangan sampai jam pelajaran yang harusnya mereka belajar malah nanti menjadi mojok-mojok enggak jelas," katanya.

Pihaknya mengeluarkan edaran nomor 421.6/2970/DISDIK tentang kegiatan oleh pihak swasta.

Dalam surat edaran itu empat point yang harus menjadi perhatian sekolah yakni kegiatan harus mendapatkan rekomendasi dan izin dari dinas pendidikan Babel.

Kedua, kegiatan tersebut dalam rangka meningkatkan penguaatan pendidikan karakter bagi siswa.

Ketiga, kegiatan harus dalam rangka meningkatkan potensi, minat, bakat siswa. Keempat, kegiatan tidak boleh mengganggu kegiatan belajar mengajar. (*)

Penulis: krisyanidayati
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved