Breaking News

Puluhan Warga Mabat Datangi Mapolres Bangka Malam Hari

Puluhan Warga Desa Mabat Kecamatan Bangka mendatangi Kantor Mapolres Bangka.

Puluhan Warga Mabat Datangi Mapolres Bangka Malam Hari
bangkapos/ferylaskari
Puluhan Warga Desa Manat Kecamatan Bakam Bangka mendatangi Mapolres Bangka, Kamis (18/10/2018) sekitar Pukul 21.00 WIB. 

Laporan Wartawan Bangka pos, Fery Laskari Bangka

BANGKA POS.COM, BANGKA  -- Puluhan Warga Desa Mabat Kecamatan Bangka mendatangi Kantor Mapolres Bangka. Mereka datang malam hari, Kamis (18/10/2018) sekitar pukul 21.00 WIB. Tujuannya untuk meminta empat orang warga mereka yang dituduh mencuri tandan buah segar (TBS) kelapa sawit, dilepaskan dari penjara.

Kejadian bermula ketika sengketa perkebunan sawit seluas 279 hektare di Desa Mabat Kecamatan Bangka. Petani Koperasi Miranti Palsma mengklaim kebun itu milik mereka. Namun PT THEP juga menyatakan hal yang sama.

Hingga akhirnya sengketa itu bergulir ke pengadilan. Putusan Pengadilan Negeri (PN) Sungailiat kemudian mengeluarkan putusan beberapa waktu lalu menyatakan kebun menjadi milik PT THEP. Begitu juga putusan Pengadilan Tinggi dan Mahkamah Agung. Sejak itu PT THEP semakin yakin kebun yang disengketakan, mereka menangkan.

Tapi petani plasma tetap bertahan, merasa kebun tadi milik koperasi. Bahkan mereka tetap memetik buah (TBS) kelapa sawit. Hingga suatu ketika saat buah sedang dipetik, empat orang juru petik diamankan oleh pihak keamanan dan ditahan di Mapolres Bangka, dan ditahan.

Beberapa pekan empat orang ini ditahan, polisi melanjutkan pengembangan hingga berikutnya, Kamis (18/10/2018), giliran satu orang lagi yang bakal ditahan. Rencana penahanan ini membuat warga marah dan datangi kantor polisi.

"Ini gimana? Kok dibilang teman kami tertangkap tangan. Padahal warga kami itu ditangkap di rumah. Kalau mau ditahan, tahan lah kami semua ini. Warga yang datang ini silahkan tahan semua" teriak warga berteriak kencang malam hari di kantor polisi, Mapolres Bangka, Kamis (18/10/2018).

Penulis: ferylaskari
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved