Breaking News

Soal Kedatangan Puluhan Warga Mabat di Mapolres Bangka, Begini Kata Pengacaranya

Zaidan angkat bicara soal kedatangan puluhan Warga Desa Mabat Bakam Bangka ke Mapolres Bangka, Kamis Malam (18/12018).

Soal Kedatangan Puluhan Warga Mabat di Mapolres Bangka, Begini Kata Pengacaranya
bangkapos/ferylaskari
Puluhan Warga Desa Manat Kecamatan Bakam Bangka mendatangi Mapolres Bangka, Kamis (18/10/2018) sekitar Pukul 21.00 WIB 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Fery Laskari

BANGKA POS.COM  -- Zaidan angkat bicara soal kedatangan puluhan Warga Desa Mabat Bakam Bangka ke Mapolres Bangka, Kamis Malam (18/12018). Penyataan Zaidan, selaku pengacara Bahori, dan juga mewakili demonstran.

"Ini kan awalnya ada kasus yang dituduh sebagai pencuri buah itu (sawit), oleh empat orang pemetik buah sawit (tersangka). Kemudian empat orang itu ditangkap," kata Zaidan. Kemudian setelah penangkapan dan penahanan empat tersangka tadi, Polres Bangka kembali memangil tersangka berikutnya, yaitu Bahori, selaku mandor petik buah sawit di Koperasi Miranti Plasma Desa Mabat Bakam Bangka

"Kemudian dipanggil lah dan diperiksa yaitu Pak Bahori. Habis pemeriksaan anggapan penyidik bahwa itu sudah punya bukti untuk ditahan. Maka saya kesini terkait rencana penahanan ini (Bahori)," katanya.

Menurut Zaidan, Bahori tidak berdiri sendiri terkait tuduhan pencurian. Bahori sangat keberatan terhadap penahan yang bakal dilakukan oleh Polres Bangka, Kamis malam (18/10/2018) .

"Karena menurut beliau banyak yang seperti dia. Dia juga bekerja untuk koperasi (Miranti Palsma) untuk masyarakat. Oleh karena itu dia keberatan ditahan," kata Zaidan.

Zaidan mengaku selaku pengacara, sudah melakukan komunikasi kepada Penyidik Polres Bangka. Namun penyidik tetap yakin untuk menahan Bahori, sama seperti empat pelaku lainnya.

"Kita sudah nego dengan penyidik, namun penyidik punya pertimbangan lain. Oleh karena itu masyarakat mendengar itu akan ditahan sikap solidaritas mereka tergabung dalam Koperasi otomatis kesini. Mereka merasa bertanggung jawab," kata Zaidan mengulas kronologis kedatangan puluhan warga ke Mapolres Bangka, malam hari.

"Kita sebagai penasihat hukum Pak Bahori masih melakukan upaya-upaya supaya tidak dilakukan penahan. Kita jamin Pak Bahori koperatif memenuhi panggilan penyidik. Begitu juga empat orang lainnya yang ditahan supaya ditangguhkan penahanannya dengan jaminan. Sebagai pertimbangan proses hukum oleh Pak Yusril masih berlangsung sidang (perkara sengketa melawan PT THEP). Itu alasan kita minta ditangguhkan penahanannya," kata Zaidan. 

Penulis: ferylaskari
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved