Bahar Buasan: Sekolah Bisa Jadi Tempat Memupuk Kebhinekaan

Sekolah bisa mengakomodir keberagaman anak didik, dan tempat yang baik bagi masa depan negeri dalam

Bahar Buasan: Sekolah Bisa Jadi Tempat Memupuk Kebhinekaan

BANGKAPOS.COM--Bersatu dalam perbedaan, hal itulah yang menjadikan anggota DPD RI, Bahar Buasan kagum melihat perkembangan sekolah yang ada di Bangka Belitung.

Bahar Buasan mengatakan, tempat yang paling baik mendidik kebhinekaan adalah sekolah.

Hal itu disampaikan Bahar karena sekolah mampu merangkul segala macam keberagaman.

"Sekolah bisa mengakomodir keberagaman anak didik, dan tempat yang baik bagi masa depan negeri dalam memaknai keberagaman," ujar Bahar saat berada di Yayasan Pendidikan Lembaga Nasional (YPLN) Setia bakti, Sungailiat, kepulauan Bangka Belitung.

Indonesia terdiri dari suku agama ras dan antar golongan yang berbeda-beda seringkali menimbulkan pergesekan antar-masyarakat.

Hal ini karena minimnya pengetahuan antar satu dan yang lainnya.

"Sekolah di Babel mampu menanamkan sikap kebhinekaan tunggal ika bagi siswanya, tampak dari tadi kita lihat antar sesama suku maupun agama tidak ada gap diantara mereka, saya sudah lama mengetahui itu," ujar Anggota DPD RI Dapil Bangka Belitung saat mengunjungi salah satu sekolah di sungailiat, sekolah Setiabakti.

Bahar melanjutkan, tujuan sekolah selain sebagai transfer ilmu pelajaran tidak lain adalah untuk menanamkan nilai-nilai kebhinekaan kepada generasi muda.

Karena itu Bahar menilai pertikaian diluar sana akibat tidak memahami makna keberagaman.

"Orang seringkali tidak memahami identitas agama lain menenumbuhkan prasangka dan bisa timbul tidak suka, maka tak jarang muncul konflik dan sebagainya.

Dengan sekolah ini mereka mengenal satu dengan yang lainnya, sehingga hilangnya prasangka buruk, rasa tidak suka, rasa benci, ujaran kebencian antar sesama," kata Bahar Buasan.

Sebagai kunci, lanjut Bahar buasan, guru merupakan pahlawan yang mengenalkan kepada anak didik tentang makna keberagaman.

"Saya salut kepada semua guru, yang sudah mengajarkan kepada anak kita semua tentang memaknai keberagaman. Semoga Tuhan membalas kebaikan yang telah guru torehkan," tutup Bahar Buasan.(*)

Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved