Jangan Sampai Timah Hanya Memberikan Keuntungan Untuk Segelintir Orang

Seminar digelar agar pertambangan timah benar-benar dapat memberikan kesejahteraan yang maksimal bagi masyarakat dan negara.

Jangan Sampai Timah Hanya Memberikan Keuntungan Untuk Segelintir Orang
BANGKA POS/DEDY QURNIAWAN
Suasana seminar nasional yang digelar Masyarakat Peduli Bangka Belitung di Swiss Belhotel, Pangkalpinang, Senin (22/10/2018). 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Dedy Qurniawan

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Seratusan orang dari berbagai organisasi dan kampus di Bangka Belitung menghadiri seminar nasional bertajuk Pengelolaan Pemanfaatan Penambangan di Bumi Serumpun Sebalai di Swiss Belhotel, Pangkalpinang, Senin (22/10/2018). Seminar ini digelar oleh Masyarajat Peduli Bangka Belitung.

Ketua pelaksana seminar ini, Patris Lumumba, mengatakan, seminar digelar untuk menyikapi pertambangan timah agar benar-benar dapat memberikan kesejahteraan yang maksimal baik bagi masyarakat dan negara.

Menurut dia, timah sampai saat ini masih jadi primadona baik untuk masyarakat, untuk daerah, dan untuk negara, tetapi belum banyak berdampak pada masyarakat. Pengelolaan dan pemanfaatanya selama inilah yang akan dibahas dalam seminar.

"Jangan sampai ini timah ini hanya memberikan keuntungan kepada segelintir orang," kata Patris saat membuka seminar.

Dia juga menyampaikan pentingnya aspek lingkungan pada penambangan. Kerusakan yang terjadi saat ini diakibatkan oleh penambangan yang tak terkendali.

Menurut dia, semua permasalahan yang ada saat ini adalah tanggung jawab semua komponen masyarakat di Babel.

"Dengan dasar pemikiran itu kami bersama kawan-kawan lain melaksanakan kegiatan ini. Tidak ada pertambangan di dunia ini yang tidak merusak lingkungan tetapi bagaimana mengambil ini dengan cara-cara yang baik dan santun, hasilnya kita dapat, lingkungan kita jaga bersama-sama," tutur mantan Ketua Alumni KNPI Babel ini.

Ketua KNPI Babel Irham mengatakan, seminar ini akan menghasilkan rumusan bersama mengenai bagaimana pengelolaan penambangan yang lebih baik ke depan. "Dan menguntungkan bagi masyarakat Bangka Belitung ini," kata Irham.

Seminar nasional ini dibuka oleh Gubernur Babel Erzaldi Rosman Djohan. Seminar dijadwalkan berlangsung hingga malam hari. (*)

Penulis: Dedi Qurniawan
Editor: fitriadi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved