77 Tersangka Narkotika Sudah Dilimpahkan Ke Kejari Pangkalpinang

Jumlah tersangka perempuan 3 orang dan laki-laki sebanyak 74 orang ditahun 2018 ini.

77 Tersangka Narkotika Sudah Dilimpahkan Ke Kejari Pangkalpinang
Bangkapos/irakurniati
ilustrasi Konferensi pers kasus narkotika di Mapolres Pangkalpinang, beberapa waktu lalu. 

Laporan wartawan Bangka Pos, Ira Kurniati

BANGKAPOS.COM - Satuan narkoba Polres Pangkalpinang telah melimpahkan 66 Laporan Polisi atas kasus narkotika sepanjang 2018 ke Kejaksaan Negeri Pangkalpinang. Dengan jumlah tersangka yang sudah dilimpahkan yakni 77 orang.

Pelimpahan yang sudah ada tahap 2 atau P21 (pemberitahuan hasil penyidikan sudah lengkap) terdapat 38 kasus. Pada tahap 1 terdapat delapan kasus. Dalam tahap sidik 14 kasus dan tahap lidik ada satu kasus.

Kepala satuan narkoba Polres Pangkalpinang, AKP Rudolf Sitorus, mengatakan tahap pelimpahan kasus ke Kejari Pangkalpinang ini disesuaikan dengan prosedur. Pada penahanan tersangka di Mapolres, kemudian pada tahap 1, menyelesaikan berkas dengan waktu maksimal 20 hari. Kemudian dilimpahkan perkara ke Kejari.

Bila masih ada berkas yang dinyatakan kurang oleh pihak jaksa, akan dilakukan ke tahap 2 dan meminta perpanjangan waktu kepada kejaksaan selama 40 hari untuk melengkapi berkas yang dinyatakan kurang tersebut. Sambung Rudolf, apabila sampai tahap 2 belum juga menyelesaikan perkara ini, maka pihaknya perpanjangan waktu 30 hari ke Pengadilan negeri. Den

Namun sejauh ini, Kasat mengutarakan, belum pernah perkara yang diselesaikan hingga ke tahap meminta perpanjangan waktu ke pengadilan. Ia menyebutkan, pelimpahan perkara tergantung proses penyidikan yang dilakukan. Biasanya perkara selesai pada tahap 2 atau dinyatakan lengkap, berkisar satu bulanan.

"Sejauh ini tidak ada kendala. Kami proses cepat semua berkas. 2 hari setelah penangkapan, langsung kirim barang bukti ke BNN di bogor. Disana juga butuh proses, makanya kalau ada tangkapan semuanya cepat kami selesaikan." kata AKP Rudolf, mewakili Kapolres Pangkalpinang, AKBP Iman Risdiono Septana, Selasa (23/10/2018)

Dari puluhan LP narkotika ini, mayoritas kasus didominasi oleh barang bukti sabu. Dengan jumlah tersangka perempuan 3 orang dan laki-laki sebanyak 74 orang ditahun 2018 ini.

Penulis: Ira Kurniati
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved