Awal November Bangka Belitung Masuk Musim Penghujan, Waspadai Cuaca Tak Menentu

Wilayah Bangka Belitung akan memasuki musim penghujan yang diprakirakan pada awal November mendatang.

Awal November Bangka Belitung Masuk Musim Penghujan, Waspadai Cuaca Tak Menentu
Bangkapos.com/Dok
Kepala Seksi Data dan Pusat Informasi BMKG Klas I Depati Amir Pangkalpinang, Kurniaji. 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Ira Kurniati

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Wilayah Bangka Belitung akan memasuki musim penghujan yang diprakirakan pada awal November 2018 mendatang. 

Kepala Seksi Data dan Informasi Stasiun Meteorologi Depati Amir Pangkalpinang, Kurniaji, mengatakan, saat ini wilayah Babel sudah memasuki penghujung musim kemarau.

"Akhir bulan Oktober ini dapat dikatakan Babel sudah mulai memasuki musim pancaroba (kemarau ke penghujan)," kata Kurniaji kepada bangkapos.com, Selasa (23/10/2018).

Kurniaji menjelaskan, berdasarkan pantauan Stasiun Meteorologi Depati Amir Pangkalpinang, peralihan pola angin dari monsoon Timur Laut ke monsoon Barat Laut (Angin Timur ke Angin Barat) sudah mulai terjadi walaupun belum secara total berubah.

Ia mengimbau kepada masyarakat agar waspada terkait dengan musim pancaroba yang akan dilewati, sebab pada periode pancaroba tersebut kondisi cuaca cenderung tidak menentu. Perubahan panas ke hujan atau sebaliknya akan sering berganti dengan cepat sehingga masyarakat perlu mewaspadai hal tersebut.

"Mulai persiapkan segala atribut untuk menyambut musim penghujan seperti payung, mantel, atau jas hujan. Tetap perhatikan informasi dari BMKG terkait kondisi cuaca real time dan juga prediksi 2 - 3 hari depan agar selalu up to date terhadap kondisi cuaca di sekitar kita," kata Kurniaji.

Penulis: Ira Kurniati
Editor: fitriadi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved