Harga Karet Membaik, Petani Berharap Harga Tetap Stabil

Harga karet di Bangka Belitung menunjukkan trend membaik. Petani saat ini menjual sekitar Rp 7000 per kg.

Harga Karet Membaik, Petani Berharap Harga Tetap Stabil
istimewa
Anggota DPRD Babel, Saidi KM saat mengunjungi petani karet di Kabupaten Bangka. 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Hendra

BANGKAPOS.COM -- Harga karet di Bangka Belitung menunjukkan trend membaik. Petani saat ini menjual sekitar Rp 7000 per kg.

Membaiknya harga karet ditengah terpuruknya harga sawit dapat menolong petani di Bangka Belitung. Akan tetapi, petani tetap harus menjaga mutu karet agar tetap tinggi.

“Memang harga sudah mulai naik. Ada yang Rp 7.000 per kilogram, ada yang sampai Rp 7.500 per kilogram. Ketika harga karet sudah bagus ini, kita minta petani tetap menjaga mutu karetnya,” kata Saidi KM, Anggota DPRD Provinsi Bangka Belitung, kepada bangkapos.com, Selasa (22/10/2018).

Membaiknya harga karet ini lanjut Saidi, pemerintah juga harus tanggap. Kebutuhan petani untuk meningkatkan kualitas dan produksi karet juga harus dibantu.

“Pemerintah juga harus turun tangan. Harga sudah mulai baik ini jangan dibiarkan begitu saja, nanti kualitas turun, harganya juga turun,” ujar Saidi.

Bantuan pemerintah tambah Saidi bisa saja dengan mempermudah atau menyediakan cuka karet bagi petani untuk menjaga mutu. Kemudian menyediakan pupuk yang baik agar produksi getah karet petani juga banyak.

Sementara Tohadi, petani karet dari Desa Saing, Kabupaten Bangka, saat dihubungi mengatakan agar pemerintah tetap bisa menstabilkan dan menaikkan harga karet. Jangan sampai, harga sawit sudah murah, harga karet pun tak membaik.

“Kita minta harganya stabil. Kalau sekarang ini sudah baik lah harga karet. Kesulitan kita saat ini untuk mencari cuka karet. Padahal cuka ini lah cara kita untuk menjaga mutu karet supaya lebih bagus,” ujar Tolhadi.

Penulis: Hendra
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved