Kepala Desa Air Saga Tak Mengetahui Ada Aktivitas TI di Kolong PDAM, Begini Katanya

Selama sebulan pemerintah desa (Pemdes) setempat tidak pernah menerima laporan tentang penambangan

Kepala Desa Air Saga Tak Mengetahui Ada Aktivitas TI di Kolong PDAM, Begini Katanya
Pos Belitung/Disa Aryandi
Kondisi sumber air baku di kolong PDAM yang terletak di Dusun Air Serkuk, Desa Air Saga, Kecamatan Tanjungpandan, Selasa (23/10) masih dalam keadaan keruh. 

Laporan Wartawan Pos Belitung, Disa Aryandi

BANGKAPOS.COM  - Kepala Desa Air Saga, Tanjungpandan Hilman, Selasa (23/10/2018) tidak mengetahui pasti informasi kegiatan aktivitas tambang ikonvensional (TI) bencong dikolong Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) di Dusun Air Serkuk. Pasalnya penambangan yang dilakukan oleh orang tidak bertanggung jawab itu berlangsung secara sembunyi-sembunyi.

Aktivitas penambangan yang tepat dilakukan di sumber air baku PDAM berkapasitas 40 liter per detik tersebut, diduga berlangsung pada malam hari atau ketika masyarakat sedang istirahat malam dan petugas PDAM sedang tidak bekerja.

"Kami kurang mengetahui kalau itu, soalnya kalau siang kami tidak menemukan adanya kegiatan penambangan tersebut. Informasinya memang mereka bekerja pada malam hari," kata Hilman kepada Pos Belitung. 

Kegiatan diduga tambang ilegal ini, telah berlangsung sekitar sebulan. Namun selama sebulan pemerintah desa (Pemdes) setempat tidak pernah menerima laporan apapun tentang penambangan yang diduga menggunakan mesin robin tersebut.

"Selama ini kami juga tidak pernah menerima laporan terkait itu, dan setau kami petugas dari satpol PP juga sudah pernah memberikan teguran. Kami tentu juga akan melaporkan persoalan ini ke petugas," ujarnya.

Dikatakan Hilman mereka bakal melakukan tindaklanjut terkait penggarapan TI di sumber air baku PDAM dengan cara memberikan himbauan kepada masyarakat, agar tidak melakukan kegiatan tambang dilokasi tersebut.

"Soalnya sumber air baku itu untuk kepentingan orang banyak, kami pasti akan menyampaikan himbauan tersebut," ucapnya.

Penulis: Disa Aryandi
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved