OPINI - Orang Indonesia di Thailand Sejak Era Siam

Topik kajian ini menarik perhatian penulis yang telah tinggal di Thailand selama hampir 7 tahun.

OPINI - Orang Indonesia di Thailand Sejak Era Siam
Istimewa
Zamal Nasution 

Peneliti: Zamal Nasution*

TULISAN ini merupakan bagian pertama dari tiga seri bagian awal penelitian tentang pola adaptasi sosial orang Indonesia di Thailand.

Topik kajian ini menarik perhatian penulis yang telah tinggal di Thailand selama hampir 7 tahun.

Di 3 tahun terakhir, penulis berkesempatan studi jenjang doktoral (S3) di Mahidol University Thailand dengan sponsor beasiswa penuh dari pemerintah Norwegia.

Selain itu, penulis juga berkesempatan berbakti menjadi Ketua Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) di Bangkok untuk pemilu Presiden dan Legislatif Indonesia tahun 2019.

Keturunan Indonesia di Thailand yang berhasil ditelaah dari bukti sejarah ternyata telah tinggal di sana sejak beberapa generasi.

Orang Indonesia sekarang yang dahulu masih berbentuk masyarakat kerajaan di Sumatera dan Jawa telah berdagang dan membangun kerjasama keagamaan dengan masyarakat Siam cikal bakal Thailand.

Kerja sama sejak abad ke-11 tersebut berlangsung di bagian selatan Thailand yang saat itu masih berupa kerajaan Melayu berbatasan dengan Malaysia sekarang.

Menurut buku yang ditulis sejarawan, pada tahun 1910 terdapat ribuan orang Jawa yang tinggal di Bangkok sehingga jumlahnya mencapai 2.000 orang di tahun 1915.

Mereka bekerja sebagai nelayan, tukang kebun istana, buronan penjajah Belanda, dan juga mekanik kereta uap (Van Roy, 2017).

Halaman
1234
Penulis: Alza Munzi
Editor: Alza Munzi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved