18 Desa di Babel Masih Terkategori Desa Tertinggal

Dari jumlah 309 desa di wilayah Bangka Belitung, 18 diantaranya masih termasuk dalam kategori desa tertinggal

18 Desa di Babel Masih Terkategori Desa Tertinggal
Bangkapos/irakurniati
Foto bersama pembukaan acara sosialisasi pengembangan desa GMDM, di Bangka city hotel, Rabu (24/10/2018) 

Laporan wartawan Bangka Pos, Ira Kurniati

BANGKAPOS.COM - Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Yuliswan, menuturkan dari jumlah 309 desa di wilayah Bangka Belitung, 18 diantaranya masih termasuk dalam kategori desa tertinggal. Berada di Kabupaten Bangka, Bangka Selatan, Bangka Barat, Belitung dan Belitung Timur. Ia menyebutkan, hanya Kabupaten Bangka Tengah yang tereliminasi dari kategori desa tertinggal.

"Menghilangkan yang tertinggal inilah tujuan kita. Harus ada dukungan lintas sektor pemerintah desa, kabupaten, provinsi maupun masyarakat." sebutnya dalam acara sosialisasi pengembangan desa, di Bangka city hotel, Rabu ,(24/10/2018).

Yuliswan mengatakan, tingkat derajat kesehatan maupun pendidikan sebagai satu diantara hal yang diperhatikan untuk menilai suatu desa.

Selain itu, dikategorikan desa tertinggal dinilai dari 54 indikator pengembangan desa. Seperti komponen kegiatan ketahanan sosial menyumbang 0,87 persen IDM (Indeks Desa Membangun). Komponen kegiatan ketahanan ekonomi masing-masing menyumbang 2,75 persen IDM, sehingga komponen ini menyumbang paling sedikit 8,25 persen.

Untuk mempercepat peningkatan IDM, prioritas harus disusun berurutan yakni kegiatan pembangunan ekologi, ekonomi dan sosial.

Penulis: Ira Kurniati
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved