Baznas Pangkalpinang Salurkan Zakat ke 300 Mustahiq, TPA, Panti Asuhan dan Majelis Taklim

Badan Amil Zakat Kota Pangkalpinang setiap bulan menyalurkan zakat kepada 300 an lebih KK mustahiq.

Baznas Pangkalpinang Salurkan Zakat ke 300 Mustahiq, TPA, Panti Asuhan dan Majelis Taklim
Bangkapos.com/Edwardi
Badan Amil Zakat Kota Pangkalpinang secara rutin setiap bulan menyalurkan zakat kepada 300-an lebih KK mustahiq yang ada di Kota Pangkalpinang sebesar Rp 300.000 per KK. 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Edwardi

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Badan Amil Zakat Kota Pangkalpinang  setiap bulan menyalurkan zakat kepada 300-an lebih KK mustahiq yang ada di Kota Pangkalpinang sebesar Rp 300.000 per KK.

Selain itu ada juga penyaluran dana zakat ke beberapa TPA (Taman Pengajian Al Qur'an), panti asuhan dan majelis taklim .

"Untuk jumlah TPA ada 11 yang kita berikan, besarannya tergantung jumlah siswanya mulai Rp 300 ribu sampai Rp 500 ribu. Tidak semua TPA bisa dibantu karena terbatasnya dana," kata Sopyan Abdullah, Wakil Ketua Baznas Kota Pangkalpinang kepada Bangkapos.com, Rabu (24/10/2018).

Zakat untuk tiga panti asuhan besarannya tergantung jumlah anak pantinya, ada yang dapat Rp 300 ribu, ada Rp 500 ribu dan ada juga Rp 1 juta.

"Selain itu ada majelis taklim yakni pengajian Al Hidayah yang dibantu setiap bulan sekitar Rp 750.000 per bulannya," jelasnya.

Diungkapkannya, para mustahiq yang mendapatkan dana zakat per bulan ini berasal dari 7 kecamatan yang ada di Kota Pangkalpinang.

"Masing-masing kecamatan jumlahnya tidak tentu ada yang 15 orang, ada 20 orang dan lainnya. Mereka ini dapat berdasarkan hasil survei tim Baznas Kota Pangkalpinang," jelasnya.

Dilanjutkannya, setiap satu tahun sekali para mustahiq yang mendapatkan zakat ini akan dilakukan survei ulang, biasanya akan ada penyusutan selanjutnya mustahiq yang masuk dalam daftar tunggu menggantikan mereka yang tak masuk lagi daftar mustahiq.

"Mustahiq yang masuk dalam daftar cadangan ini juga kita survei lagi, apakah kondisinya sekarang sudah mampu atau masih dalam kekurangan," tukasnya.

Ditegaskannya, jadi uang zakat yang didapatkan dari para Muzaki akan disalurkan Baznas Kota Pangkalpinang kepada mereka yang benar-benar berhak mendapatkannya.

Penulis: edwardi
Editor: fitriadi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved