Leisure Bangka Belitung

Penerbangan Singapura-Tanjungpandan Dibuka, Bupati Optimis Wisatawan Dua Kali Lipat ke Belitung

Kode penerbangan Garuda Indonesia GA849, Senin (29/10/2018) menjadi catatan sejarah untuk Kabupaten Belitung.

Penerbangan Singapura-Tanjungpandan Dibuka, Bupati Optimis Wisatawan Dua Kali Lipat ke Belitung
Pos Belitung/Disa Aryandi
Wisatawan disambut oleh Bujang - Dayang Belitung di pintu terminal Internasional Bandara H AS Hanandjoeddin Tanjungpandan, Belitung, Senin (29/10). 

Laporan Wartawan Pos Belitung, Disa Aryandi

BANGKAPOS.COM, BELITUNG - Penerbangan Garuda Indonesia GA849, Senin (29/10/2018) menjadi catatan sejarah untuk Kabupaten Belitung.

Penerbangan Internasional tersebut sudah berstatus reguler, Singapura (SIN) - Tanjungpandan (TJQ). Penerbangan perdana itu, kemarin petang telah sukses dan membawa 81 orang wisatawan.

Penyambutan penerbangan perdana ini, dilakukan langsung oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya, Wakil Gubernur Bangka Belitung Abdul Fatah, Bupati Belitung H Sahani Saleh (Sanem), Wakil Bupati Bangka Tengah Yulianto, Komisaris Utama PT MTN Bersatu Sukses H Edi Kodri.

Selain itu, ikut menyambut penerbangan Internasional ini Kapolres Belitung AKBP Yudhis Wibisana, Dandim 0414 Belitung Letkol Inf Indra Padang, Danlanud H AS Hanandjoeddin Tanjungpandan Letkol Pnb Akal Juang dan Kepala Dinas Pariwisata Bangka Belitung Rifai.

"Ini menjadi catatan sejarah, selama ini yang terjadi hanya carter flight Singapura - Tanjungpandan, nah kali ini perdana reguler flight," kata Bupati Belitung H Sahani Saleh (Sanem) kepada Posbelitung.co, Senin (29/10/2018).

Penyambutan penerbangan Internasional reguler ini hanya dilakukan sederhana. Bujang Dayang Kabupaten Belitung berdiri di depan pintu keluar terminal Internasional. Disitu mereka menyambut wisatawan yang datang dari Singapura dan langsung mengalungkan selendang sebagai tanda penghormatan.

Orang nomor satu di Belitung tersebut sangat berharap, dengan adanya penerbangan reguler flight internasional ini, bisa menarik ribuan wisatawan manca negara datang ke Negeri Laskar Pelangi. Baik untuk berwisata, investasi dan mencari peluang bisnis.

"Kami harap ini akan menarik lebih banyak kunjungan wisatawan, dan secara perlahan apabila sudah banyak kunjungan wisatawan ke Belitung, Bandara H AS Hanandjoeddin Tanjungpandan akan segera dilakukan pembenahan," ucapnya.

Penerbangan Internasional ini, sangat optimisi akan menarik 100 persen jumlah kunjungan wisatawan ke Belitung. Paling tidak kurun satu pekan, ada sekitar 400 orang wisatawan manca negara berkunjung ke Belitung, lantaran dalam satu minggu empat kali penerbangan Internasional rute SIN - TJQ.

Jadwal penerbangan internasional ini, Senin, Rabu, Jumat dan Minggu. Namun apabila menggunakan maskapai sekelas boing 737 800 EG, maka akan lebih banyak menarik jumlah wisatawan ke Bumi Laskar Pelangi.

"Saya yakini bisa tiga kali lipat, misalkan 10.000 wisatawan kurun satu tahun, bisa menjadi 30.000 wisatawan. Namun saya ingatkan dari awal harus banyak atraksi yang berskala Internasional. Dengan seperti itu akan banyak sekali tumpahan wisatawan kesini (Belitung)," kata Menteri Pariwisata Arief Yahya kepada Pos Belitung.

Penerbangan reguler tersebut, dinilai memang suatu kebutuhan untuk menarik lebih banyak kunjungan wisatawan manca negara. Kementerian Pariwisata akan membantu, agar penerbangan reguler flight lainnya terwujud.

"Kami informasikan juga, kalau ada pengusaha ingin menderek wisatawan asing kesini, Kemenpar akan bantu promisikan selama enam bulan, sampai nanti ada penerbangan reguler flight seperti ini," pungkasnya. (*)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: fitriadi
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved