Kejati Babel Minta Manfaatkan Bidang Datun Agar Terhindar dari Penyimpangan Hukum

Sumardi meminta semua pihak memanfaatkan Bidang Perdata dan Tata Usaha Negera untuk meminimalisir terjadinya pelanggaran hukum.

Kejati Babel Minta Manfaatkan Bidang Datun Agar Terhindar dari Penyimpangan Hukum
Bangka Pos/Krisyanidayati
Wakil Ketua Kejaksaan Tinggi Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Sumardi dalam Focus Group Discussion di Ballroom Grand Parai Hotel Sahid Bangka, Rabu (31/10/2018). 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Krisyanidayati

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Wakil Ketua Kejaksaan Tinggi Bangka Belitung, Sumardi meminta instansi pemerintahan, BUMN, BUMD, maupun masyarakat Babel memanfaatkan Bidang Perdata dan Tata Usaha Negera (Datun) untuk meminimalisir terjadinya pelanggaran hukum dari setiap pekerjaan pengadaan yang dilakukan.

Ia mengatakan Datun memiliki peran dan fungsi mulai dari penegakan hukum, bantuan hukum, pertimbangan hukum, pelayanan hukum, dan tindakan hukum lainnya.

"Padahal fungsi dan peranan datun kalau dilibatkan dalam kegiatan paling tidak mengurangi perbuatan melanggar aturan. Sayangnya, ini belum banyak dimanfaatkan," kata Sumardi dalam Focus Group Discussion di Ballroom Grand Parai Hotel Sahid Bangka, Rabu (31/10/2018).

Sumardi menguraikan dalam penegakan hukum, apabila ada perusahaan abal-abal dalam pengadaan barang dan jasa, pihaknya punya kewenangan untuk membubarkan.

"Belum lagi bantuan hukum, ada enggak yang dari Bank, kita bantu tagihkan kredit macet baik di BUMN, BUMD, kita hanya bilang kalau tidak mau tersentuh hukum segera bayar," jelasnya.

Dalam menjalankan peran pertimbangan hukum, Asdatun dalam pertimbangan dapat membuat legal opinion.

"Begitu juga Asdatun punya peran pendampingan, kalau ada kegiatan yang takut terjerat hukum minta pendampingan. Punya kewenangan legal audit, ini dilakukan kalau semua kegiatan sudah selesai," katanya.

Pihaknya, juga membuka pos pelayanan hukum gratis bagi masyarakat yang ingin konsultasi hukum.

"Saya berharap kepada pemda dan jajaran, BUMN, BUMD, rektor kami sudah manfaatkan fungsi dan peran datun paling tidak mengiliminir perbuatan melawan hukum," katanya.

Penulis: krisyanidayati
Editor: fitriadi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved