Bangka Barat Terima Penghargaan Anugerah Pandu Negeri 2018

Pemkab Babar menerima Penghargaan Anugerah Pandu Negeri (APN) 2018 Kategori Pemerintah Daerah Dengan Kinerja dan Tata Kelola Baik.

Bangka Barat Terima Penghargaan Anugerah Pandu Negeri 2018
Humas Pemkab Babar
Sekretaris Daerah Kabupaten Bangka Barat Drs H Yunan Helmi mewakil Pemerintah Kabupaten Bangka Barat menerima Penghargaan Anugerah Pandu Negeri (APN) 2018 Kategori Pemerintah Daerah Dengan Kinerja dan Tata Kelola Baik. 

BANGKAPOS.COM - Pemerintah Kabupaten Bangka Barat menerima Penghargaan Anugerah Pandu Negeri (APN) 2018 Kategori Pemerintah Daerah Dengan Kinerja dan Tata Kelola Baik.

Penghargaan tersebut langsung diterima oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Bangka Barat Drs H Yunan Helmi, M. Si yang dalam hal ini mewakili Bupati Bangka Barat, Jumat (26/10) di Jakarta.

Penghargaan tersebut merupakan ajang pemberian penghargaan untuk Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota di Indonesia yang memiliki kinerja dan tata kelola baik, serta pemimpin inovatif yang berhasil melakukan terobosan dalam peningkatan pertumbuhan sosial ekonomi melalui reformasi tata kelola yang baik.

Menurut Ketua Umum IIPG Sigit Pramono saat membuka kegiatan tersebut, menyatakan bahwa adanya komitmen dari pemerintah pusat ingin melihat hal-hal yang positif dari pemerintah daerah, dimana yang di­ketahui banyak yang dimunculkan di media bahwa di pemerintah daerah banyak kepala daerahnya yang terkena operasi tangkap tangan (OTT) oleh KPK.

Melalui Pandu Negeri inilah IIPG ingin memberikan pemberitaan lain dan hal-hal positif bahwa tidak semua kepala daerah yang seperti itu, bahwa masih ada kepala daerah-kepala daerah yang secara benar melaksanakan anamah di daerah masing-masing.

“Penghargaan APN 2018 tersebut bertujuan untuk menginspirasi pemerintah daerah agar dapat ber­inovasi lebih baik, memberikan semangat dan lebih meningkatkan pelayanan yang lebih baik sehingga seluruh peme­rintah daerah agar dapat ‘Berdiri Tegak Jadi Pandu Pertiwi’. Penilaian dilakukan terhadap 548 Pemerintah Daerah dari 416 Kabupaten, 98 Kota dan 34 Provinsi se-Indonesia, yang masuk kategori penilaian sebanyak 62 Kabupaten/Kota Provinsi se-Indonesia,” kata Sigit.

Dalam penilaian IIPG mempunyai beberapa kategori penilaian antara lain pemerintah daerah yang memiliki tata kelola keuangan yang istimewa selama dua tahun terakhir (2016-2017), kepala daerah dan wakilnya tidak tersangkut kasus korupsi, memiliki pertumbuhan ekonomi yang tinggi selama tiga tahun terakhir (2015-2017), memiliki kinerja pembangunan manusia yang bagus yang diukur dari nilai rata-rata IPM tahun 2015-2017, memiliki tata kelola pemerintah yang baik yang diukur dari nilai rata-rata AKIP periode 2015-2017, dan memiliki pencapaian program terobosan inovatif untuk mencapai visi dan misi di beberapa bidang, yang dinilai oleh Tim Komite Penilai IIPG.

Sekretaris Daerah Kabupaten Bangka Barat, Yunan Helmi menyampaikan rasa syukurnya karena Kabupaten Bangka Barat mendapatkan Penghargaan Anugerah Pandu Negeri (APN) 2018 dari Indonesian Institute For Public Governance (IIPG) dan penghargaan yang diterima oleh Kabupaten Bangka Barat bersama-sama 45 Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota berupa Kristal Kubus yang termasuk kategori yang sama yaitu ‘ Dengan Kinerja dan Tata Kelola yang Baik’.

“Ini merupakan komitmen kita untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, tata kelola administrasi yang bersih kemudian laporan keuangan yang baik dan terpercaya, itulah komitmen yang menjadi penilaian dari IIPG kemarin yang kita terima di Jakarta dan penghargaan ini langsung diserahkan oleh Dewan Pembina IIPG seka­ligus Wakil Lresiden Periode 2009-2014 yaitu Prof Dr H Boediono, M. Ec,” ujar Yunan.

Yunan juga berharap de­ngan mendapatkan Penghargaan APN 2018 dengan kategori Pemerintah Daerah Dengan Kinerja Dan Tata Kelola Baik ini Pemerintah Bangka Barat dapat mempertahankan dan mening­katkan pelayanan serta terus berinovasi dengan cara tetap melaksanakan penyelenggaraan pemerintah yang bersih, transparan dan itu harus dilaksanakan di Bangka Barat.

“Sehingga kita dapat terus berbenah serta meningkatkan kualitas dan kuantitas SDM yang ada di Bangka Barat, supaya kedepan dapat memperoleh penghargaan-penghargaan yang lebih baik lagi,” terang Yunan. (adv/Humas Pemkab Babar/may)

Editor: fitriadi
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved