Solar Sulit Didapat, Rudianto Tjen akan Ajukan SPBU Khusus Nelayan di Babel

Rudianto Tjen akan mendorong pemerintah pusat agar memperhatikan kondisi para nelayan di Belitung

Solar Sulit Didapat, Rudianto Tjen akan Ajukan SPBU Khusus Nelayan di Babel
Istimewa
Rudianto Tjen 

BANGKAPOS.COM --  Bahan bakar solar merupakan kebutuhan primer bagi para nelayan, kelangsungan hidup para nelayan sedikit banyaknya akan digantungkan di bahan bakar solar itu. Ketika bahan bakar tersedia, mereka bisa melaut, sebaliknya jika bahan bakar kosong, maka mereka tidak bisa melaut.

Namun, yang terjadi pada nelayan di Belitung, mereka justru kesulitan mendapatkan bahan bakar solar, jika mereka ingin membeli solar, mereka harus pergi jauh ke kota. Ini merupakan kendala yang akan mempengaruhi aktifitas kerja mereka.

Itulah mengapa Rudianto Tjen akan mendorong pemerintah pusat agar memperhatikan kondisi para nelayan di Belitung, agar mereka diberikan kemudahan untuk mendapatkan kebutuhan bahan bakar solar.

"Saya akan sampaikan kepada presiden mengenai susahnya nelayan Belitung untuk mendapatkan bahan bakar solar, supaya para nelayan tidak usah ke kota, antre cari bahan bakar," kata Rudianto Tjen,  Jumat (02/11/2018).

Untuk mengatasi persoalan itu, Rudianto menyebutkan bahwa salah satu cara adalah dengan membuatkan nelayan pompa solar.

Lebih lanjut, Rudianto menambahkan bahwa hal itu sudah di realisasikan oleh pemerintah kepemimpinan Megawati Soekarnoputri, dan itu dianggap berhasil sebagai solusi bagi para nelayan.

"Di zaman Presiden Bu Megawati, ada program di kampung nelayan dibuatkan pompa solar, seperti SPBU,” ujar Rudianto.

Oleh sebab itu, Rudianto akan siap mengawal aspirasi nelayan Belitung agar sampai kepada Presiden Joko Widodo, dan ia berharap bisa diserap kemudian segera direalisasikan.

"Saya akan sampaikan ke presiden tentang program bahan bakar untuk nelayan. Semoga Pak Presiden memiliki pemahaman yang sama agar di kampung-kampung nelayan ini ada stasiun bahan bakar,” ungkap Rudianto.

Rudianto berharap, dengan adanya pos-pos bahan bakar nanti, akan membuat para nelayan dapat meningkatkan produktifitas melaut mereka, tentunya hal tersebut akan berdampak baik pada kelangsungan hidup para nelayan di Belitung.

"Jadi daerah-daerah nelayan kalau bisa nanti dibikinkan pos-pos bahan bakar, ini demi kelangsungan hidup para nelayan itu sendiri,” tutup Rudianto.

Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved