Agar Bisa Masuk ke Dalam Ruangan CAT, Tes SKD CPNS Harus Lewati Prosedur Ini

Tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Belitung, Sabtu (3/11/2018) sudah dimulai.

Agar Bisa Masuk ke Dalam Ruangan CAT, Tes SKD CPNS Harus Lewati Prosedur Ini
Pos Belitung/Disa Aryandi
Suasana pelaksanaan tes SKD CPNS di lingkungan Pemkab Belitung, Sabtu (3/11/2018). Tes tersebut terlaksana di kantor BKPSDM Kabupaten Belitung. 

Laporan Wartawan Pos Belitung, Disa Aryandi

BANGKAPOS.COM - Tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Belitung, Sabtu (3/11/2018) sudah dimulai. Rencana ada lima sesi pada hari pertama tes SKD CPNS tersebut, dengan total satu sesi berjumlah 50 orang calon pelamar.

Peserta yang mengikuti seleksi SKD ini, secara keseluruhan wajib menggunakan pakaian kemeja putih dan celana hitam serta menggunakan sepatu. Apabila satu jam sebelum pelaksaan sesi peserta itu dimulai, mereka wajib melapor kepada panitia.

Laporan tersebut sebagai bentuk absensi peserta hadir atau tidak mengikuti tes SKD CPNS itu. Setelah melakukan absensi peserta di wajibkan menunjukan Ijazah dan transkip nilai, KTP asli, kartu peserta ujian serta kartu pendaftaran SSCN.

Kemudian, peserta harus menunggu diruang tunggu yang sudah disediakan oleh panitia pelaksana daerah, sebelum memasuki ruang Computer Assisted Tes (CAT). Namun tahapan untuk masuk ruang CAT tersebut bukan hanya disitu saja.

Peserta harus kembali meletakan barang berharga, seperti tas, jam tangan, cincin, handphone (HP) diloker yang telah disediakan oleh panitia. Lantas, peserta harus kembali diperiksa menggunakan alat metal detector dan pemeriksaan body oleh petugas Satpol PP Kabupaten Belitung.

Setelah itu, peserta dipersilahkan masuk keruang CAT dan dipintu ruangan tersebut, peserta harus menunjukan KTP asli dan kartu peserta. Didalam ruangan ini, peserta tidak boleh membawa apapun.

Peserta khusus untuk umum wajib mengisi berbagai soal selama 90 menit dan kategori disabilitas diberikan waktu untuk mengikuti ujian tersebut selama 120 menit.

Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkab Belitung Karyadi Sahminan, mengontrol langsung pelaksanaan SKD CPNS tersebut. Sejauh ini, mereka hanya mengantisipasi berbagai kekurangan selama pelaksanaan tes tersebut.

"Sesi pertama ini bisa dilihat sendiri, semua berjalan lancar. Sistem yang digunakan CAT, jadi peserta bisa melihat sendiri hasil mereka setelah mengisi soal, apakah masuk passing grade atau tidak," ucap Karyadi kepada posbelitung.co, Sabtu (3/11/2018). 

Penulis: Disa Aryandi
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved