Hanya 5 Persen Peserta SKD Pemprov Babel yang Lampui Passing Grade

Hanya 13 peserta dari 382 orang yang mengikuti tes CAT Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) yang berhasil memenuhi nilai ambang batas (passing grade)

Hanya 5 Persen Peserta SKD Pemprov Babel yang Lampui Passing Grade
Bangka Pos/Krisyanidayati
Kasubit Perencanaan dan Pengadaan Pegawai, Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Babel, M Erisco Nurrahman 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Krisyanidayati

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Hanya 13 peserta dari 382 orang yang mengikuti tes CAT Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) yang berhasil memenuhi nilai ambang batas (passing grade) hari pertama di pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Senin (5/11/2018).

Dari tiga katagori yang diujikan dalam SKD, yakni Tes Intelegensia Umum (TIU), Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Kebanyakan peserta tidak bisa memenuhi ambang batas pada TKP yang nilai ambang batasnya 143. Sedangkan untuk TIU dan TWK banyak peserta yang memenuhi nilai ambang batas.

Diketahui pada tes hari pertama ada 18 orang peserta yang tidak hadir dan dianggap gugur.

"Kalau melihat potensi hasilnya dari empat sesi, ini dari 94 peserta saja yang sesi terakhir hanya 11 orang yang memenuhi ambang batas untuk TKP," kata Kasubit Perencanaan dan Pengadaan Pegawai, Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Babel, M Erisco Nurrahman, Senin (5/11/2018).

Ia mengatakan hanya 5 persen dari total peserta yang memenuhi nilai ambang batas. Hal ini dikhawatirkan nantinya, akan berdampak pada tidak terpenuhinya formasi, sedangkan ini baru seleksi dasar.

"Idealnya satu sesi itu ada 20-30 orang yang memenuhi nilai ambang batas. Tapi ini satu sesinya hanya 4 bahkan hanya ada 1 orang yang memenuhi ambang batas," katanya.

Ia menyebutkan, bahkan untuk cumlaude dari delapan peserta tidak ada satupun yang memenuhi passing grade.

"Kalau kita lihat yang memenuhi passing grade hanya 5 persen dari jumlah peserta. Ini yang kita perlu tau apa yang menyebabkannya apa karena materinya yang sulit atau passing grade nya yang tinggi," ujarnya.(*)

Penulis: krisyanidayati
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved