Rudianto Tjen Imbau Pemda Permudah Perizinan Pabrik Sawit Baru di Babel

Berkali-kali saya imbau pada Pemerintah Daerah untuk mengizinkan pabrik-pabrik sawit yang baru, termasuk

Rudianto Tjen Imbau Pemda Permudah Perizinan Pabrik Sawit Baru di Babel

BANGKAPOS.COM--Rudianto Tjen, Anggota DPR RI dari PDI-Perjuangan Dapil Bangka Belitung (Babel) mengimbau kepada pemerintah daerah agar memudahkan perizinan industri bidang pertanian, salah satunya izin pabrik pengolahan minyak kelapa sawit mentah (Crude Palm Oil/CPO) di Babel.

"Berkali-kali saya imbau pada Pemerintah Daerah untuk mengizinkan pabrik-pabrik sawit yang baru, termasuk pabrik CPO," kata Rudianto.

Mudahnya perizinan nanti, diantara dampaknya adalah terbuka lebarnya lapangan pekerjaan, sehingga secara otomatis, akan menyerap banyak tenaga kerja warga Babel dan juga akan meningkatkan produksi sawit itu sendiri.

"Dampaknya kalau sektor industri kurang, pertama menurunnya produksi minyak sawit di Babel dan jadi minim lapangan kerja di Babel," jelas Rudianto Tjen.

Selain itu, dengan tercukupinya pabrik pengolahan minyak sawit akan menjaga harga sawit ketika panen raya.

Sebab, di saat panen raya, produksi sawit akan meningkat, jika tidak diimbangi dengan pabrik pengolahan sawit yang cukup maka hasil sawit itu akan menumpuk.

Tentunya akan mengurangi nilai jual sawit itu sendiri.

“Karena, kalau lagi musim panen raya itu biasanya kapasitas pabrik-pabrik itu full (penuh)," ungkap Rudianto.

"Sehingga seperti kita dulu, lagi panen raya kita kirim sawit, tunggu berhari-hari baru bisa kita loading ke pabrik karena antrenya banyak sekali, panennya banyak sekali,” sambungnya.

Karena itu, Rudianto Tjen berharap Pemda Babel bisa bijak menyikapi gejolak harga sawit dan masalah lapangan kerja.

Salah satu caranya dengan memberikan izin untuk pabrik pengolahan sawit baru.

“Jadi Pemerintah Daerah harus bijak menyikapi semua persoalan dan harus mencari solusi yang tepat agar tidak timbul masalah baru," tutup Rudianto Tjen.

Rudianto akan terus memperhatikan kesejahteraan warganya, terutama di bidang kesehatan maupun ketenagakerjaan, karena dua bidang itu merupakan sub bidang Rudianto yang saat ini masih menjabat sebagai wakil rakyat Komisi IX DPR RI.(*)

Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved