CPNS Pangkalpinang: Formasi Dokter Spesialis Sepi Pelamar, Ini Kata Kepala Dinkes Pangkalpinang

Dari seluruh jabatan yang ditawarkan, sebanyak sembilan jabatan, kebanyakan formasi dokter spesialis, dinyatakan masih kosong

CPNS Pangkalpinang: Formasi Dokter Spesialis Sepi Pelamar, Ini Kata Kepala Dinkes Pangkalpinang
Tribunnews
ilustrasi Dokter 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Dedy Qurniawan

BANGKAPOS.COM - Dokter dengan status Aparatur Sipil Negara (ASN) yang ada di Pangkalpinang disekolahkan untuk mendapatkan profesi dokter spesialis. Kebijakan yang telah berjalan dan diterapkan hingga saat ini sebagai usaha memenuhi kebutuhan dokter spesialis di fasilitas-fasilitas kesehatan milik pemerintah.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes PPKB) Pangkalpinang Ristum Alamsyah, Rabu (7/11/2018). Apalagi, formasi CPNS 2018 Pemkot Pangkalpinang untuk dokter spesialis tak ada pelamar. 

"Mungkin ASN bukan jadi pilihan yang utama bagi dokter spesialis," ujar Ristum membenarkan sepinya pendaftar pada sejumlah formasi dokter spesialis yang dibutuhkan Pemkot Pangkalpinang saat ini.

Menurut Ristum, dokter spesialis lebih banyak memilih bekerja dengan konsep bermitra dengan rumah sakit. Dia memisalkan, dokter spesialis bisa mendapatkan honor yang dianggap besar dengan bermitra dengan Kabupaten Bangka ataupun daerah-daerah lain di Pulau Jawa dan Kalimantan.

"Salah satunya ya mungkin karena TPP kita kecil. Itu salah satunya. Kemungkinan juga mereka lebih senang bekerja di pusat-pusat kota di Pulau Jawa,"ucapnya.

Ristum mengatakan, kekurangan dokter spesialis inilah yang membuat pihaknya mengirim sejumlah dokter yang ada untuk menempuh pendidikan dokter spesialis. Hanya saja, dia mengakui cukup sulit bagi Pangkalpinang untuk memenuhi kebutuhan dokter spesialis penyakit dalam.

"Sudah ada beberapa dokter (ASN) di Pangkalpinang yang dikirim untuk belajar. Dokter bedah, dokter mata, dokter syaraf. Ini sudah berjalan beberapa waktu lalu, tinggal menunggu (selesai). Cuma spesialis penyakit dalam ini yang agak sulit, langka, tetapi ini ada satu dokter (spesialis penyakit dalam) pensiunan tentara yang akan bermitra dengan kita, insyaallah," tutur Ristum.

Tahun ini, Pangkalpinang mendapatkan kuota 275 formasi CPNS 2018 yang terdiri dari 137 tenaga pendidikan, 108 tenaga kesehatan, dan 30 tenaga teknis lainnya. Adapun dari seluruh jabatan yang ditawarkan, sebanyak sembilan jabatan, kebanyakan formasi dokter spesialis, dinyatakan masih kosong atau tidak ada pelamar.

Jabatan tersebut di antaranya Pranata Komputer Ahli Pratama (formasi disabilitas) di Inspektorat Daerah Pangkalpinang, Teknik Tata Bangunan dan Perumahan Terampil (formasi disabilitas). Kemudian ada jabatan Dokter Spesialis Anak, Dokter Spesialis Penyakit Dalam, Dokter Spesialis Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi, Dokter Spesialis Anastesi, Dokter Spesialis Mata, dan Dokter Spesialis THT, yang juga kosong pelamar.

SKD CPNS 2018 Pemkot Pangkalpinang tengah berlangsung mulai 3 November sampai November 2018. Ada 3258 pelamar yang lolos seleksi administrasi untuk mengikuti tes SKD ini.

Pelamar yang lulus seleksi adminsitrasi ini terdiri dari 567 pelamar bidang pendidikan, 1212 pelamar bidang kesehatan, dan 1479 pelamar bidang teknis dan lainnya. 

Penulis: Dedi Qurniawan
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved