Hari Keempat SKD Pemprov Babel Baru 68 Peserta Capai Nilai Passing Grade

Nilai Ambang Batas TIU 80, TWK passing gradenya 75, dan TKP dengan passing grade 143.

Hari Keempat SKD Pemprov Babel Baru 68 Peserta Capai Nilai Passing Grade
Bangka Pos/Krisyanidayati.
Kasubit Perencanaan dan Pengadaan Pegawai, Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Babel, M Erisco Nurrahman. 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Krisyanidayati

BANGKAPOS.COM - Hingga hari keempat pelaksanaan tes CAT Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS 2018 di Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang diikuti 1.535 peserta hanya 68 orang yang memenuhi nilai ambang batas (passing grade) yang ditetapkan oleh Menpan RB.

Kasubit Perencanaan dan Pengadaan Pegawai, Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Babel, M Erisco Nurrahman mengatakan para peserta yang banyak yang tidak memenuhi passing grade dalam Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

"Peserta yang memenuhi passing grade berdasarkan Permenpan 37 tahun 2018, ada 65 orang dengan formasi umum dan tiga orang formasi khusus cumlaude," kata Erisco, usai tes CAT sesi Keempat di ruangan CAT Lantai 4 Kantor Gubernur Babel, Kamis (8/11/2018).

Nilai Ambang Batas Tes Intelegensia Umum (TIU) 80, Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) passing gradenya 75, dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP) dengan passing grade 143.

"Ada yang misalnya nilai TIU nya 100, TWK 104, tapi TKP nya hanya 140 ini kan kurang tiga lagi. Kebanyakan ini yang tidak memenuhi nilai ambang batas TKP," ujarnya.

Menurutnya, pihaknya sudah menyampaikan hal ini kepada panselnas. Namun, pihaknya masih menunggu untuk tindaklanjut dari masih minimnya peserta yang bisa memenuhi nilai ambang batas.

"Sudah kita sampaikan dan ini terjadi secara nasional. Kita enggak tau itu karena soalnya susah atau nilai ambang batasnya yang tinggi. Kalau nilai ambang batas kan yang menentukan Menpan RB," ujarnya.

Minimnya peserta yang memenuhi passing grade, akan berdampak pada tidak terisinya formasi. Pasalnya, merujuk pada aturan Menpan, yang bisa mengikuti Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) hanya yang memenuhi passing grade SKD.

"Formasi kita kan 270, sekarang yang memenuhi passing grade baru 68, itupun belum kita petakan per jabatannya. Bisa saja ada jabatan yang tidak ada satu peserta pun yang memenuhi passing grade ini," ujarnya.

Penulis: krisyanidayati
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved