Tiga Hari Tes CPNS di Kabupaten Bangka Hanya 46 Peserta yang Lulus Passing Grade

Berdasarkan hasil tes CPNS dari 1.155 orang yang sudah mengikuti tes CPNS hanya 46 orang yang lulus passing grade.

Tiga Hari Tes CPNS di Kabupaten Bangka Hanya 46 Peserta yang Lulus Passing Grade
bangkapos/nurhayati
Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah Kabupaten Bangka, Surtam A Amin, saat memantau hasil tes peserta seleksi CPNS Kabupaten Bangka, Kamis (8/11/2018) di SMKN 1 Sungailiat. 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Nurhayati

BANGKAPOS.COM --  Dari pantauan hasil tes para Peserta Tes CPNS Tahun 2018 di Kabupaten Bangkadi di layar monitor komputer yang disiapkan pihak Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah Kabupaten Bangka, banyak yang tidak lulus nilai ambang batas (passing grade) yang ditetapkan Panitia Seleksi Nasional (Panselnas).

Berdasarkan hasil tes CPNS dari 1.155 orang yang sudah mengikuti tes CPNS dari Senin (5/11/2018) hingga Rabu (7/11/2018) kemarin, hanya 46 orang yang lulus passing grade.

"Banyak yang tidak lulus faktornya kita tidak tahu tapi selama tiga hari dan ini hari keempat hasilnya baru diketahui, tapi kami belum evaluasi, selama tiga hari kemarin baru lulus passing grade 46 peserta tapi bukan lulus SKD. Jadi harus dibedakan antara lulus passing grade dan lulus SKD (Seleksi Kompetensi Dasar) itu harus dipahami oleh para peserta," jelas Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah Kabupaten Bangka, Surtam A Amin, Kamis (8/11/2018) di SMKN 1 Sungailiat yang menjadi lokasi Tes CPNS 2018 Kabupaten Bangka.

Ia menjaskan peserta yang lulus passing grade adalah jika peserta sudah mencapai nilai yang sudah ditetapkan seperti Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) 75, Tes Integensia Umum (TIU) 80 dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP) 143 berarti lulus passing grade, sedangkan untuk lulus SKD akan diambil tiga terbaik dari setiap formasi.

Misalnya untuk formasi dokter di Puskesmas Sungailiat dibutuhkan satu orang kemudian yang melamar tujuh orang, yang memenuhi passing grade lima orang jika yang lulus SKD tiga orang maka diambil tiga kali formasi karena formasinya satu, maka diambil tiga peringkat teratas. Selanjutnya tiga orang tersebut akan kembali mengikuti Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) tetapi masih menunggu jadwal dari pihak Kementerian Perdayagunaan Aparatur dan Reformasi Birokrasi dan Badan Kepegawaian Negara.

Untuk itu menurut Surtam ia mencoba memberikan motivasi kepada para peserta Tes CPNS dan tinggal sisa dua hari terakhir tes CPNS, Jumat (9/11/2018) hingga Sabtu (10/11/2018) nanti agar adanya penambahan peserta yang lulus passing grade secara signifikan. Pasalnya kuota untuk CPNS Kabupaten Bangka sebanyak 250 orang sehingga yang lulus passing grade paling tidak sebanyak 750 orang.

"Ya kami berharap potensi untuk memenuhi itu masih ada karena masih ada 850 orang karena setiap hari 420 orang yang ikut tes CPNS. Kalau mereka dua hari ini mempunyai kemampuan menjawab soal itu dengan baik ya Insyaallah terpenuhi tetapi kalau tidak sama dengan kemarin hanya 15 orang yang lulus passing grade setiap sesinya seperti kemarin," ungkap Surtam.

Dia belum melakukan analisis mendalam tetapi sekilas dari pengamatannya peserta tes CPNS banyak yang gagal di soal Tes TKP. Banyak peserta yang tes CPNS yang sudah lulus TWK dan TIU bahkan dengan nilai fantastis tetapi tidak lulus passing grade karena nilai TKP tidak mencapai target passing grade.

"Jadi kelihatannya adanya kesulitan nilai itu di TKP yang paling banyak jatuh," jelas Surtam.

Untuk pelaksanaan Tes CPNS Tahun 2018 di Kabupaten Bangka ini dia menilai sejauh ini belum ada kendala. Namun pada hari kedua pelaksanaan tes CPNS listrik padam tetapi sudah diantisipasi oleh pihak PT PLN Ranting Cabang Sungailiat.

"Petugas PLN siaga disini sehingga tidak terjadi kendala dalam pelaksanaan tes. Jadi kami terima kasih dengan pihak PLN ketika mati lampu akibat faktor alam karena hujan dan ada petir biasanya secara otomatis mati listrik tetapi orang PLN sudah menyiap genset," kata Surtam.

Diakuinya, selain peserta dari Pulau Bangka dan Belitung yang ikut tes CPNS di Kabupaten Bangka ada juga beberapa peserta dari luar daerah diantaranya dari Pontianak, Surabaya, Jakarta, Palembang dan provinsi lainnya.

Bahkan disampaikan Surtam ada peserta dari Palembang yang baru melahirkan caesar datang ke Kabupaten Bangka untuk ikut tes CPNS. Untuk itu perlu adanya mobil ambulans yang siap siaga di lokasi tes CPNS di SMKN 1 Sungailiat ini.

Penulis: nurhayati
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved