KPP Pratama Edukasi Murid SMAN 2 Pangkalpinang Melalui Pajak Bertutur

Puluhan murid dari SMAN 2 Pangkalpinang memadati ruang serba guna sekolah serta tampak antusias

KPP Pratama Edukasi Murid SMAN 2 Pangkalpinang Melalui Pajak Bertutur
Bangkapos/Yudha Palistian
Suasana pemberian materi pajak sejak dini melalui program Pajak Betutur di SMAN 2 Pangkalpinang oleh pihak KPP Pratama Pangkalpinang. 

Laporan Wartawan Bangkapos,  Yudha Palistian

BANGKAPOS.COM -- Puluhan murid dari SMAN 2 Pangkalpinang memadati ruang serba guna sekolah serta tampak antusias mengikuti acara Pajak Bertutur yang digelar oleh Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Pangkalpinang, Jumat (9/11/2018).

Kepala Seksi Ekspensifikasi dan Penyuluhan KPP Pratama Pangkalpinang,  Budi Haryawan,  mengatakan ini merupakan program yang lahir atas kerja sama antara Direktorat Jenderal Pajak, Kemendikbud, dan Kemenristekdikti dengan tujuan menumbuhkan Kesadaran Pajak.

"Sadar tak sadar, sektor pajak memiliki peran yang sangat penting untuk pembangunan negara," tegasnya kepada bangkapos.com disela-sela pelatihan tersebut.

Ia juga menambahkan,  ada tiga sumber penerimaan negara yakni pinjaman luar atau dalam negeri, menjual Sumber Daya Alam (SDA), dan pajak.

"Kita butuh generasi muda untuk mensosialisasikan pajak sejak dini, sehingga bisa mengambil peran untuk menjelaskan pentingnya pajak kepada masyarakat luas," ungkapnya.

Senada dengan itu,  Account Representative KPP Pratama Pangkalpinang,  Mulyadi,  mengutarakan program ini sudah dilakukan sejak tahun 2017 lalu dengan target dari SMP, SMA hingga perguruan tinggi.

"Biasanya program ini serentak dilaksanakan secara nasional dalam setahun itu ada dua kali pelaksanaan," paparnya.

Diakhir pelatihan itu,  Siswi SMAN 2 Pangkalpinang dari Kelas X IPA II,  Lidia mengatakan dengan diadakan acara seperti ini, mereka bisa mengetahui gambaran secara luas mengenai pajak.

"Banyak sekali manfaatnya,  seperti kenapa pajak itu dibutuhkan manfaatnya jenis-jenisnya hingga digunakan untuk apa saja," tutupnya.

Acara yang dikemas secara menarik diisi dengan edukasi pajak,  paparan inklusi, diskusi bersama hingga tanya jawab dan games yang diberikan oleh KPP Pratama Pangkalpinang.

Penulis: Yudha Palistian
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved