Video : Para Peserta Tes CPNS Kecewa Tak Capai Passing Grade

Banyak yang tidak lulus faktornya kita tidak tahu tapi selama tiga hari dan ini hari keempat hasilnya baru diketahui, tapi kami belum evaluasi

Laporan Wartawan Bangka Pos, Nurhayati

BANGKAPOS.COM, BANGKA-- Para peserta Tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Kabupaten Bangka setelah mengikuti tes langsung mematau layar monitor yang disediakan pihak Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Daerah Kabupaten Bangka, Kamis (8/11/2018) di SMKN 1 Sungailiat.

Beberapa peserta kecewa melihat hasil tes yang tidak memenuhi passing grade atau nilai ambang batas dalam tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD).

Mereka mengeluh beratnya melewati passing grade atau standar minimum kelulusan CPNS dalam tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD).

Banyak yang sudah belajar dengan sungguh-sungguh untuk mengikuti tes CPNS di Kabupaten Bangka tetapi kenyataan yang harus mereka hadapi tidak lulus passing grade yang sudah ditetapkan Panitia Seleksi Nasional (Palselnas).

Selain itu beberapa peserta mengeluhkan menghabiskan waktu untuk membaca soal yang panjang sehingga banyak soal yang tersisa dan dijawab seadanya dengan cara menebak di menit-menit akhir.

Menurut Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Daerah Kabupaten Bangka, Surtam A Amin, berdasarkan hasil tes CPNS dari 1.155 orang yang sudah mengikuti tes CPNS dari Senin (5/11/2018) hingga Rabu (7/11/2018) kemarin, hanya 46 orang yang lulus passing grade.

"Banyak yang tidak lulus faktornya kita tidak tahu tapi selama tiga hari dan ini hari keempat hasilnya baru diketahui, tapi kami belum evaluasi, selama tiga hari kemarin baru lulus passing grade 46 peserta tapi bukan lulus SKD.

Jadi harus dibedakan antara lulus passing grade dan lulus SKD (Seleksi Kompetensi Dasar) itu harus dipahami oleh para peserta," jelas Surtam.

Disampaikannya, peserta yang lulus passing grade adalah jika peserta sudah mencapai nilai yang sudah ditetapkan seperti Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) 75, Tes Integensia Umum (TIU) 80 dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP) 143 berarti lulus passing grade, sedangkan untuk lulus SKD akan diambil tiga terbaik dari setiap formasi.

Halaman
12
Penulis: nurhayati
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved