OPINI

Orang Indonesia di Thailand Sejak Era Siam

Topik kajian ini menarik perhatian penulis yang telah tinggal di Thailand selama hampir 7 tahun.

Orang Indonesia di Thailand Sejak Era Siam
Istimewa
Zamal Nasution 

Peneliti: Zamal Nasution*

TULISAN ini merupakan bagian ke-dua dari tiga seri bagian awal penelitian tentang pola adaptasi sosial orang Indonesia di Thailand.

Topik kajian ini menarik perhatian penulis yang telah tinggal di Thailand selama hampir 7 tahun.

Di 3 tahun terakhir, penulis berkesempatan studi jenjang doktoral (S3) di Mahidol University dengan sponsor beasiswa penuh dari pemerintah Norwegia.

Selain itu, penulis juga berkesempatan berbakti menjadi Ketua Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) di Bangkok untuk pemilu Presiden dan Legislatif Indonesia tahun 2019.

Di manakah orang Indonesia tinggal selama di Thailand? Pertanyaan ini masih belum terjawab dengan rinci dan valid.

Namun, sedikit terbantu dengan adanya publikasi oleh Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) pemilu perwakilan Bangkok yang menuliskan di situsnya "www.pplnbangkok2019.org" bahwa dari keseluruhan pemilih yang terdaftar sebanyak 1.852 orang, terdapat 57% di antaranya yang tinggal di Bangkok dan sekitarnya, sementara yang beralamat di Thailand selatan sebanyak 28%, sedangkan sisanya 15% berada di Thailand utara.

Terkait apakah ada hubungan antara profesi dengan tempat tinggal atau domisili, observasi penelitian menemukan bahwa mahasiswa akan cenderung bertempat tinggal di seputar kampus, guru sekolah berada di sekitar komplek kedutaan, sedangkan pekerja atau ekspatriat berdomisili mengikuti penempatan dari perusahaan.

Mahasiswa di Bangkok memilih apartemen yang berdekatan dengan sejumlah kampus terbaik di Thailand seperti Chulalongkorn University, Mahidol University, Thammasat University, Kasetsart University, dan King Mongkut University.

Sama halnya dengan mahasiswa yang berada di propinsi lainnya, mereka yang berkuliah di Chiang Mai, Songkhla, Khon Kaen, dan Saraburi akan cenderung berkumpul dengan area tempat tinggal sesama mahasiswa Indonesia lainnya.

Halaman
1234
Editor: Alza Munzi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved