Advertorial

Program Pengabdian Polman Babel & Anggota DPR-RI Serahkan Produk DPTM ke Kelompok Tani Tayu Mandiri

Guna mengimplementasikan Tridharma Perguruan Tinggi ke masyarakat Bangka Belitung, Polman Babel kembali menyerahkan satu produk teknologi pengolahan

Program Pengabdian Polman Babel & Anggota DPR-RI Serahkan Produk DPTM ke Kelompok Tani Tayu Mandiri
Istimewa
Direktur Polman Babel Sugeng Ariyono, Ph.D menjelaskan pentingnya kedudukan institusi pendidikan tinggi dalam implementasi teknologi kemasyarakatan. 

BANGKAPOS.COM --  Guna mengimplementasikan Tridharma Perguruan Tinggi ke masyarakat Bangka Belitung, Polman Babel kembali menyerahkan satu produk teknologi pengolahan produk makanan ke satu diantara Kelompok Tani Tayu Mandiri di Jebus Bangka Barat.

Kegiatan tersebut dilakukan bersama Anggota DPR-RI Dapil Bangka Belitung Hj Melda Addriani beserta H Azhar Baihaqi Lc. MA dan H Iwan Taruna, SE.

Direktur Polman Babel Sugeng Ariyono, Ph.D. menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya atas hadirnya anggota legislatif dalam dunia pendidikan, penelitian, pengabdian ke masyarakat bagi para dosen khususnya di Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung.

Tak lupa beliau menambahkan dan menitipkan harapan agar penerapan teknologi ini dapat terus digunakan dan ditingkatkan ketangguhannya sehingga setiap produk yang dihasilkan oleh para dosen Polman Babel benar-benar tepat guna dan dapat diterapkan di masyarakat sesuai de­ngan tuntutannya masing-masing.

Kedepan melalui Tim DPTM Polman Babel akan terus melakukan riset bersama-sama meningkatkan mutu mesin sehingga dapat menjaga kualitas dari produk yangg dihasilkan oleh produsen.

Melda dalam sambutannya mendorong agar penerapan teknologi terapan di masyarakat Bangka Belitung terus ditingkatkan. Sehingga masyarakat khususnya para kelompok tani dapat meningkatkan produksi serta kualitas produknya.

Melda menambahkan dengan keberadaan Polman Babel sebagai perguruan tinggi negeri manufaktur di Bangka belitung terus berinovasi dalam pengembangan, penerapan inovasi untuk masyarakat.

Ibu Hj. Melda Addriani beserta H. Azhar Baihaqi Lc MA & H. Iwan Taruna, SE, Direktur Polmanbabel Sugeng Ariyono, Ph.D, Poon, Ketua Tim DPTM Dedy Ramdhani Harahap, M.Sc.
Ibu Hj. Melda Addriani beserta H. Azhar Baihaqi Lc MA & H. Iwan Taruna, SE, Direktur Polmanbabel Sugeng Ariyono, Ph.D, Poon, Ketua Tim DPTM Dedy Ramdhani Harahap, M.Sc. (Istimewa)

Keduanya baik Sugeng Ariyono dan Melda Addriani menyampaikan rasa terimakasihnya atas sambutan hangat dari Kelompok Tani Tayi Mandiri di Jebus dan turut menikmati suguhan teh tayu yang dihasilkan oleh petani di Desa Tayu ini.
Ketua Kelompok Tani Tayu Mandiri, Poon menyambut baik kedatangan Melda Addriani dan rombongan, Iwan Taruna, Azhar Baihaqi serta Direktur Polman Babel yang didampingi Tim Peneliti DPTM Polman Babel yang diketuai Dedy Ramdhani Harahap ke kelompok taninya di Desa Tayu Jebus.

Poon berharap agar pengolahan daun teh tayu dapat terbantu dengan adanya mesin penyangrai dan pe­ngering daun teh tayu ini dikarenakan prosesnya yang lama dan bertingkat.

Dedy menyampaikan bahwa mesin yang diserahkan akan terus dikembangkan sehingga dapat menjawab semua kendala yang dihadapi oleh petani tayu dalam mengolah produknya. Mesin yang dikembangkan oleh tim ini beranggotakan Muhammad Zenda Rud, Clara Lavita, Deni Saputra dan Fadhil selalu tim teknisi dan pengolah data berhasil me­rekayasa mesin pengering dan penyangrai ini.

Mesin dilengkapi dengan wadah berbahan stainless sehingga bisa menampung daun teh hingga 10 kg, juga memiliki indikator suhu untuk mengontrol panas di ruang pengeringan. Menurut penjelasannya untuk saat ini dalam mengeringkan daun teh tayu masih menggunakan kuali tradisional yang diletakkan di atas tungku kayu bakar dan disangrai selama hampir dua jam untuk satu kali produksinya.

Dengan adanya mesin hasil Diseminasi Produk Teknologi ke Masyarakat (DPTM) yang juga didanai melalui Program Pengabdian Kepada Masyarakat Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) Kemristekdikti dapat mendorong terciptanya mesin-mesin lainnya yg dapat bermanfaat untuk masyarakat. 

Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved