2018 Babel Bangun Dua Puskesmas Baru

Kepala Dinas Kesehatan Babel, Mulyono Susanto mengatakan untuk peningkatan pelayanan kesehatan tahun ini di Babel ada dua puskemas baru

2018 Babel Bangun Dua Puskesmas Baru
Bangka Pos/Krisyanidayati.
Kepala Dinas Kesehatan Babel, Mulyono Susanto. 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Krisyanidayati

BANGKAPOS.COM - Kepala Dinas Kesehatan Babel, Mulyono Susanto mengatakan untuk peningkatan pelayanan kesehatan tahun ini di Babel ada dua puskemas baru yakni di Bangka Tengah di Kecamatan Air Bara dan di Bangka Selatan di Kecamatan Payung.

Lebih lanjut, Mulyono menyampaikan tahun ini juga dibangun rumah sakit pratama di kecamatan Payung. Tak hanya itu, Rumah Sakit Provinsi sebagai rumah sakit rujukan juga telah meningkat menjadi tipe B.

"Penekanan ibu Menkes bagaimana promotif dan preventif, kalau kita lihat menekankan peran puskemas jadi Center dan gate keeper pendekatan keluarga untuk mencegah penyakit dan menerapkan pola hidup sehat," katanya, Senin (12/11/2018).

Ia menyebutkan, saat ini di Babel sudah ada 64 Puskemas, dan semuanya hampir terakreditasi. Hanya tiga puskemas lagi yang belum terakreditasi.

"Tahun ini tinggal 3 puskemas yang belum terakreditasi 1 dalam proses pembangunan Taman Sari karena relokasi puskemas, dua puskemas yang baru di bangun dan baru terigestrasi Basel di air Bara, di Bangka Tengah di Perlang," katanya.

Disinggung soal kecukupan puskemas, ia mengatakan jumlah puskemas yang ada di Babel sudah mencukupi untuk melayani 1,3 juta penduduk Babel.

"Kalau kita dilihat dari jumlah penduduk 1 puskesmas di tiap kecamatan melayani 30 ribu penduduk, penduduk kita 1,3 juta ini sudah lebih," ujarnya.

Untuk pelayanan kesehatan ditingkat Desa, ia menyampaikan dibantu dengan Puskesmas Pembantu (Pustu) dan Puskedes.

Penulis: krisyanidayati
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved