Advertorial

Komisi II DPRD Basel Inisiasikan Empat Perda Inisiatif

Tercatat, hingga saat ini Komisi II telah menginisiasi empat peraturan daerah

Komisi II DPRD Basel Inisiasikan Empat Perda Inisiatif
Dok / Bangkapos.com
Komisi II DPRD Basel Inisiasikan Empat Perda Inisiatif 

BANGKAPOS.COM, BANGKA--Komisi II DPRD Bangka Selatan yang bermitra di bidang keuangan daerah, pendidikan, kebudayaan, pariwisata, kepemudaan, olahraga, pertanian, pangan, perikanan, penanaman modal, perizinan, perindustrian dan perdagangan mengoptimalkan tugas dan fungsinya sebagai fungsi pengawasan, anggaran dan legislasi.

Tercatat, hingga saat ini Komisi II telah menginisiasi empat peraturan daerah di antaranya Perda inisiatif tentang Desa Wisata, Perda inisiatif tentang Kepemudaan, Perda inisiatif tentang Perlindungan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan dan Perda inisitiaf tentang Perlindungan dan Pemberdayaan Petani dan Nelayan.

Ketua Komisi II, Zayadi mengungkapkan pihaknya terus mendorong sektor keuangan daerah agar dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas pelayanan pajak dan retribusi daerah.

Melakukan sosialisasi dan penyuluhan kepada wajib pajak dan wajib retribusi serta mengoptimalkan sistem pengelolaan pendapatan daerah.

Selain itu pihaknya juga memaksimalkan pengawasan di bidang pendidikan yakni pemenuhan standar mutu pendidikan.

Mendorong Dinas Pendidikan merevisi Perda pembagian wewenang antara provinsi dan kabupaten, Komisi II juga mengakomodir keberadaan madrasah/sekolah Arab sebagai pendidikan berbasis desa, sehingga dibuat Perda Pendidikan Karakter yang Berwawasan Agama.

"Kami turun ke lapangan melihat beragam persoalan serta pengecekan beberapa sekolah, dan masih banyak sekolah membutuhkan ruang kelas baru, rehabilitasi ruang kelas serta kekurangan sapras lainnya," ujar Zayadi, Minggu (11/11).

Ditambahkan Zayadi, pihaknya juga melakukan kajian di bidang kebudayaan yakni persoalan perlindungan kekayaan intelektual bidang seni dan budaya, dan perlindungan terhadap cagar budaya.

"Sehingga disimpulkan masih dalam tahap proses pengumpulan materi oleh OPD yang dimungkinkan nanti akan diajukan Perda tentang Hak Kekayaaan Intelektual Bidang Seni dan Budaya, perlindungan cagar budaya masih terkendala SDM sehingga belum dibuat perda," katanya.

Sementara di bidang pariwisata, kepemudaan dan olahraga, Komisi II melakukan kajian untuk mensinergikan program pemerintah daerah sehingga dapat meningkatkan ekonomi masyarakat.

Halaman
12
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved