Dua Pekan Operasi Zebra, 1241 Surat Tilang Dikeluarkan Satlantas Pangkalpinang

Dua pekan pelaksanaan operasi zebra menumbing 2018, Satuan Lalu lintas Polres Pangkalpinang mengeluarkan 1241 surat tilang

Dua Pekan Operasi Zebra, 1241 Surat Tilang Dikeluarkan Satlantas Pangkalpinang
Bangka Pos / Ira kurniati
Kasat lantas Polres Pangkalpinang, AKP Heriyanto 

Laporan wartawan Bangka Pos, Ira Kurniati

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Dua pekan pelaksanaan operasi zebra menumbing 2018, Satuan Lalu lintas Polres Pangkalpinang mengeluarkan 1241 surat tilang kepada pengendara roda dua maupun empat, karena melanggar tujuh prioritas yang ditetapkan oleh Korlantas Polri.

Ketujuh prioritas tersebut yakni pelanggaran kasat mata seperti tidak memakai helm, berboncengan lebih dari dua, bermain handphone saat berkendara, dan tidak menggunakan sabuk pengaman (bagi pengemudi mobil).

Selain itu, pengendara yang melawan arus juga menjadi satu diantara prioritas penilangan aparat kepolisian. Juga bagi pengendara yang melaju kecepatan tinggi dan yang masih dibawah umur.

Kepala Satuan lalu lintas Polres Pangkalpinang, AKP Heriyanto, mengatakan, pada pelaksanaan operasi zebra kali ini adanya peningkatan pelanggaran sekitar lima persen dibandingkan operasi sebelumnya.

"rata-rata pengendara yang melanggar operasi zebra ini direntang usia remaja dan produktif, yaitu usia 12-17 tahun dan juga 35-45 tahun." kata AKP Heriyanto, Selasa (13/11/2018)

Satlantas Pangkalpinang mencatat sebanyak 465 surat tilang yang dikeluarkan karena pengendara tak memakai helm. 386 pengendara tak menggunakan safety belt atau sabuk pengaman (bagi pengemudi mobil).

Petugas juga menemukan pengendara yang menggunakan ponsel saat di jalan raya, yakni sebanyak 10 pelanggaran.

Kendaraan dengan muatan berlebihan sebanyak 39 pelanggaran dan tidak memiliki surat kelengkapan seperti surat izin mengemudi sebanyak 54 pelanggaran, juga STNK sebanyak 74 pelanggaran.

Selain itu, pada pelaksanaan operasi zebra yang terhitung sejak 30 oktober hingga 12 november ini, ada 20 pelanggaran yang tercatat kepada pengendara yang tidak memiliki KIR mobil, ada sebanyak.(*)

Penulis: Ira Kurniati
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved