Empat Kabupaten Masih Ada Data Ganda, KPU Babel Skors Pleno Sampai Besok Pagi

Ketua Bawaslu Kepulauan Babel Edi mengatakan, DPT adalah hal yang penting dalam Pemilu. Semua masyarakat pemilih harus terakomodir di DPT Pemilu 2019.

Empat Kabupaten Masih Ada Data Ganda, KPU Babel Skors Pleno Sampai Besok Pagi
BANGKA POS/DEDY QURNIAWAN
Ketua Bawaslu Babel Edi (kanan) menyerahkan dokumen terkait temuan data ganda kepada Ketua KPU Babel Davitri, Selasa (13/11/2018. Karena masih ditemukan data ganda, rapat pleno terbuka DPTHP2 diskors dan dilanjutkan pada Rabu (14/11/2018). 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Dedy Qurniawan

BANGKAPOS.COM   - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Davitri mengetok palu sebagai tanda menskors rapat pleno terbuka rekapitulasi Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan 2 (DPTHP 2) tingkat Provinsi, Selasa (13/11/2018) sore.

Rapat pleno yang berlangsung di ruang pertemuan kantor KPU Babel itu diskors karena masih adanya pemilih dengan data ganda di empat kabupaten di Babel yang ditemukan oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

Keempat kabupaten tersebut adalah Kabupaten Bangka (30 data ganda), Bangka Barat (8 data ganda) Belitung Timur (24 data ganda dan 2 invalid, dan Kabupaten Belitung (157 data ganda). Rapat pleno diskors dan akan dilanjutkan pada Rabu (14/11/2018) pukul 9.00 WIB besok.

"Terkait data ganda ini akan kami selesaikan. Pleno ini akan kami lanjutkan pukul 9.00 WIB besok. Kami sudah tanya ke empat kabupaten yang memiliki data ganda, malam ini mereka akan segera menuntaskan kegandaan sejumlah 200-an lebih pemilih ini," ucap Davitri sesuai rapat pleno tersebut.

Menurut Davitri, satu di antara sebab masih ditemukannya data ganda adalah bermasalahnya aplikasi Sistem Informasi Data Pemilih (Sidalih) di sejumlah wilayah di Babel. Aplikasi disebut berjalan tidak normal sehingga tidak bisa mengecek data secara menyeluruh.

"Begitu juga di Bangka Selatan itu kenapa ditunda dan pleno masih berlangsung pukul 9.00 pagi tadi karena ada data yang tidak bisa diinput di provinsi lain hampir sama (kendalanya)," katanya.

Ketua Bawaslu Kepulauan Babel Edi mengatakan, DPT adalah hal yang penting dalam Pemilu. Semua masyarakat pemilih harus terakomodir di DPT Pemilu 2019.

Bawaslu Babel masih menemukan sejumlah data ganda yang belum berhasil diperbaiki pada pleno DPTHP 2 di tingkat kabupaten. Karena itu, rekomendasi dilanjutkan pada pleno tingkat provinsi hingga akhirnya rapat pleno hari ini diskors.

"Ada empat kabupaten yang sampai hari ini terkait DPT gandanya belum bersih. Contohnya di Kabupaten Bangka, yang kami rekomendasikan ada temuan 30 pemilih data ganda. KPU kabupaten belum maksimal membersihkan data ganda ini sampai pleno hari ini. Karena belum bersih, maka data 30 pemilih ini kami rekomendasikan lagi di tingkat provinsi," beber Edi.

Pihaknya berharap DPT Pemilu 2019 di Babel dapat benar-benar bersih dari data ganda. Pihaknya menyampaikan hal ini bukan berarti sengaja ingin menghambat jalannya pleno di tingkat provinisi.

Ini, kata Edi, dilakukan untuk memastikan DPT Pemilu 2019 di Babel bersih dari data ganda dan pemilih yang belum terdaftar. "Mau tidak mau KPU harus mengambil langkah ini, karena apa yang kami rekomendasikan ini harus ditindaklanjuti oleh kawan-kawan KPU, dan bisa membersihkan DPT ganda ini," ucap Edi. 

Penulis: Dedi Qurniawan
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved