Ibu-ibu Dharma Wanita Beradu Terampil Mengulek Sambal Belacan

Memperingati HUT Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Pangkalpinang ke XIX Tahun 2018 digelar berbagai lomba

Ibu-ibu Dharma Wanita Beradu Terampil Mengulek Sambal Belacan
Bangka Pos / Edwardi
Hesti (baju kaos biru), Ketua Panitia HUT DWP Kota Pangkalpinang ke XIX sedang memantau para peserta lomba membuat sambal terasi 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Edwardi

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Dalam rangka memperingati HUT Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Pangkalpinang ke XIX Tahun 2018 digelar lomba membuat sambal terasi, lomba mengupas nanas dan lomba mengupas kelapa di Halaman Kantor Walikota Pangkalpinang, Selasa (13/11/2018).

Hesti, Ketua Panitia HUT DWP Kota Pangkalpinang mengatakan jumlah peserta lomba membuat sambal ini terdiri dari 25 tim OPD yang ada di Pemkot Pangkalpinang. Masing-masing tim terdiri dari tiga orang.

"Untuk lomba mengupas nanas hanya diperuntukkan bagi Ketua DWP OPD saja dan lomba mengupas kelapa hanya diikuti panitia HUT DWP saja untuk meramaikan suasana," kata Hesti, istri Sekretaris DPRD Kota Pangkalpinang, Akhmad Elvian.

Diungkapkannya, dalam lomba membuat sambel terasi atau belacan ini bahannya hanya boleh 4 macam, yaitu gula, garam, terasi dan cabe.

" Sambal terasi ini ada orang Bangka menyebutnya dengan sambel tegem karena bentuknya seperti tegem atau kepalan tangan," ujarnya.

Diungkapkannya, dalam menggelar lomba ini idenya tidak sembarangan karena kita ingin membantu melestarikan pangan lokal, dan mengangkat makanan tradisional sambal terasi, apalagi Pulau Bangka ini dikenal memiliki terasi yang rasanya enak, selain daerah Cirebon.

"Bahan-bahan untuk lomba ini juga mudah didapatkan di lokal," tukasnya.(*)

Penulis: edwardi
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved