Pertumbuhan Ekonomi Babel Tertinggi di Sumatera, BI : Resiliensi Perlu Ditingkatkan

Pada triwulan III tahun 2018, Provinsi Bangka Belitung alami pertumbuhan ekonomi tertinggi di Sumatera sebesar 7,09%

Pertumbuhan Ekonomi Babel Tertinggi di Sumatera, BI : Resiliensi Perlu Ditingkatkan
Bangka Pos / Yudha Palistian
Gedung Bank Indonesia Kantor Perwakilan Bangka Belitung yang berlokasi di kompleks perkantoran Gubernur Pangkalpinang. 

Laporan Wartawan Bangkapos,  Yudha Palistian

BANGKAPOS.COM, BANGKA --Pada triwulan III tahun 2018, Provinsi Bangka Belitung  alami pertumbuhan ekonomi tertinggi di Sumatera sebesar 7,09% years on years (yoy), hal tersebut meningkat dari triwulan yang sama pada tahun 2017 sebesar 3,60% (yoy).

Meskipun begitu,  diversifikasi sumber pertumbuhan ekonomi dapat meningkatkan resiliensi atau ketahanan ekonomi Bangka Belitung.

Kepala Bank Indonesia KP Bangka Belitung, Tantan Heroika, mengatakan terdapat empat sektor lapangan usaha di Babel yang tumbuh dan memberikan andil pada triwulan III 2018 diantaranya sektor industri pengolahan, sektor pertanian, sektor pertambangan, sektor perdagangan besar dan eceran,  Selasa (14/11/2018).

“Capaian ini menunjukan ketahanan perekonomian di Bangka Belitung cukup kuat ditengah ketidakpastian ekonomi global dan belum menggembirakannya harga komoditas Bangka Belitung," ujar Tantan. 
           
Nuansa positif dari pertumbuhan ekonomi yang tinggi diperkuat oleh tingkat inflasi yang cukup terkendali sampai dengan Oktober 2018. 
              
Pertumbuhan ekonomi pada triwulan IV 2018 diperkirakan akan meningkat dan akan mendukung pencapaian pertumbuhan ekonomi tahun 2018.

Sampai dengan akhir tahun 2018, kinerja pertambangan dan industri pengolahan berbasis timah diperkirakan akan cukup baik seiring dengan stabilnya harga timah dan tingginya permintaan ekspor untuk timah olahan.

"Momentum pertumbuhan ekonomi dan inflasi yang terjaga ini perlu dimanfaatkan untuk menciptakan pertumbuhan ekonomi yang lebih berkualitas. Sektor pariwisata menjadi salah satu sumber ekonomi potensial di Bangka Belitung. Kesiapan infrastruktur pariwisata dan konektivitas perlu menjadi perhatian seluruh pihak yang terlibat,” ungkap Tantan.

Selain itu, berlanjutnya masa panen raya untuk komoditas pertanian khususnya kelapa sawit akan mendorong pertumbuhan sektor perkebunan dan industri pengolahan yang berbasis kelapa sawit.

Peningkatan realisasi proyek infrastruktur pemerintah khususnya terkait proyek irigasi sampai dengan akhir tahun juga turut memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi.

"Upaya pengendalian inflasi yang efektif dan terukur juga terus diintensifkan antara lain melalui, penguatan produksi dan efisiensi tata niaga yang merupakan penyebab struktural inflasi di Bangka Belitung," tutupnya.(*)

Penulis: Yudha Palistian
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved